DPRD Lingga Rombak Komisi dan AKD

Ketua DPRD Lingga, Drs Riono (net)
Ketua DPRD Lingga, Drs Riono (net)

Lingga (marwahkepri.com) – Perombakan atau pemilihan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) ditubuh DPRD Lingga, sebagaimana bentuk penyegaran di internal komisi yang ada pada struktural DPRD Kabupaten Lingga menemui hasil akhir. Setelah melalui lobi-lobi komisi dan tahapan penyegaran, tensi politik di perleman dalam perebutan kursi pimpinan komisi dan AKD berlansung aman sesuai tartib DPRD Lingga, sebagaimana dinaminasi usulan dari tiap fraksi yang dilakukan setelah berakhir masa komisi per 27 Maret lalu.

Ketua DPRD Lingga, Riono mengatakan perombakan terhadap AKD masa bakti pertengahan akhir masa jabatan legislatif sebagai bentuk penyegaran di internal komisi-komisi. Perombakan itu dilakukan sesuai dinamisasi usulan dari para fraksi yang ada ditubuh masing-masing komisi yang ada di DPRD Lingga.

“Jadi mereka (fraksi dari komisi) yang melakukan perembukan dan rapat internal. Hari ini saya menerima laporan hasilnya saja. Untuk menentukan ketua komisi itu tidak di paripurnakan, tapi forum mereka,” kata Riono, Senin (03/04).

Adapun yang dirombak di antaranya pimpinan Komisi II dan III, anggota Badan Musyawarah (Banmus), Badan Anggaran (Banggar), dan Badan Peraturan Daerah (Baperda).

“Untuk Komisi I bidang pemerintahan, masih dalam kapasitas yang lama, yakni Neko Wesha Pawelloy dari fraksi Partai Nasdem sebagai ketua. Untuk anggotanya, Zakaria dari fraksi gabungan PKS, PPP, PKB diikuti Seniy dari fraksi Golkar dan Alexander Welling dari fraksi Hanura,” lanjut dia.

Terkait Komisi II bidang ekonomi, menurutnya mengalami perombakan yakni diketuai oleh Agus Marli dari fraksi Golkar yang sebelumnya menduduki ketua Komisi III. Sedang anggotanya Abdul Gani Atan Leman dari fraksi Golkar dan sekretarisnya Ahmad Nasiruddin dari fraksi Nasdem.

Sementara dari Komisi III diketuai oleh H Ambok dari fraksi gabungan PKB, PPP, PKS. Disusul Adina Putra dari fraksi PDIP, Arman Fraksi Hanura, Raja Mukhsin Fraksi Nasdem, dan Agus Norman dari fraksi Golkar serta Khairil Anwar dari fraksi Demokrat.

Sebagai Ketua dilegislatif DPRD Lingga, setalah dilakuan dilakukan perombakan ini dia berharap dapat berdampak positif pada kinerja dewan bersama mitra kerja masing-masing komisi di lingkungan pemerintah setempat dengan memahami tupoksi termasuk kedalam mengawai kinerja eksekutif dalam pembangunan Kabupaten Lingga.

“Kedepannya dengan adanya pergantian ini saya harapkan para komisi bisa memahami lah tupoksinya, termasuk mengawasi kinerja eksekutif dalam pembangunan daerah,” tutup dia. (mk/r/arp)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.