PLN Sub Rayon Daik Akan Bangun 7 Titik Jaringan Listrik

Johari, Kapala PLN Sub Rayon Daik Lingga (net)
Johari, Kapala PLN Sub Rayon Daik Lingga (net)

Lingga (merwahkepri.com) – Ditahun 2017 Perusahaan Listrik Negara (PLN) Sub Rayon Daik Lingga akan membangun 7 unit jaringan listrik di sejumlah tempat di Kabupaten Lingga. Sejumlah jaringan listrik ini sebagian besar terpusat pada pulau.

Kepala PLN Sub Rayon Daik Lingga, Johari mengatakan tahun ini 7 tempat akan dibangun jaringan listrik yakni Posek, Benan, pulau Mas, Mepar, Mentuda, pulau Medang, pulau Lipan didesa Penuba.

“Ya, ada 7 tempat tahun ini dibangun, mereka sudah menghibahkan lahannya,” kata dia ketika ditemui, Rabu (30/03).

Untuk tahun ini sejumlah titik tersebut belum tahu kapan pengerjaan sebab masih dalam tahap pelelangan dan pengecekan kelengkapan. Namun untuk Mepar sudah mejadi prioritas pemerintah daerah dan harus dikerja pada bulan depan.

“Mepar tahun ini prioritas, jadi masuk tahun ini sebagai usulan pememerintah erintah daerah. Yang kain masih proses,” lanjut dia.

Setiap daerah yang dibangun jaringan listrik nanti, pihak PLN sudah menyiapkan mesin dengan kapasitas 100 KW. Dan direncana menggunakan tiang besi.

Sementara kedepan setelah persiapan mesin selesai, pihaknya berencana akan memulai pengaliran listrik dengan tahapan-tahapan.

“Korea rencana pakai tiang besi. Biasa untuk tahap awal itu 7 jam atau 14 jam dulu. Ya kita konsentrasi dulu pada pembangunan lah,” papar dia.

Selain itu dia akui ada beberapa kendala yang harus dihadapi ketika membangun jaringan listrik di wilayah pulau salah satunya akses dan transfortasi yang terbatas. Hal itu sudah menjadi pemikiran yang harus juga terselesaikan.

“Akses kesana. Untuk saje Mepar ini, ada kapal Joni. Nanti untuk angkat mesin, tiang juga kita kurang alat, itu pakai bantuan masyarakat lah gotong royong bersama,” tutup dia. (mk/arp)