Pemkab Natuna Serahkan Pengelolaan Jamkesda Kepada BPJS Kesehatan

IMG_20170329_224509
Konfrensi perss di Ranai Square

Natuna (Marwahkepri.com) – Pemerintah Kabupaten Natuna secara resmi menyerahkan pengelolaan Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda), kepada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Penyerahan ini disertai dengan penandatangan nota kesepakatan antara Pemkab Natuna dan Kanwil BPJS Kepri.

Penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) dilakukan Bupati Natuna Hamid Rizal dan Kepala Kantor Wilayah BPJS Kepri dr.Leni Marlina Tiurmauli Manalu, hari ini (29/03), di kantor Bupati Natuna.

Jamkesda selanjutnya diintegrasikan kepada Jaminan kesehatan Nasional (JKN) dan setiap  peserta JKN berhak memiliki Kartu Indonesia Sehat (KIS).

dr.Leni Marlina menyampaikan, mekanismenya, Pemkab Natuna membayar setiap bulannya sebesar Rp 23 ribu per jiwa, dari ketentuan Rp25 ribu per jiwa yang ditetapkan BPJS bagi peserta mandiri kelas 3.

Dari 73.591 jiwa penduduk Natuna, yang didaftarkan BPJS KIS oleh Pemkab Natuna hanya 2.000 jiwa.

Dari jumlah tersebut 500 jiwa merupakan peserta BPJS mandiri. Namun baru 20 persen peserta BPJS mandiri yang rutin membayar iuran setiap bulannya, sementara 80 persen lainnya masih menunggak.

“Jadi peserta mandiri banyak yang menunggak di Natuna ini. Dan kita masih punya target agar 50 ribu jiwa yang belum menjadi peserta BPJS dapat segera terdaftar”.

Wanita berdarah Batak ini menambahkan, per 1 Januari tahun 2019, seluruh masyarakat wajib masuk dalam program JKN-KIS, karena undang-undang sudah mengatur hal itu, termasuk pekerja swasta.

“Jadi saya berharap kepada rekan-rekan media agar menginformasikan bahwa 1 Januari 2019 seluruh masyarakat wajib memiliki kartu JKN-KIS, untuk itu segera mendaftar di kantor kami di daerah”, ujarnya kepada Wartawan.(nang)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.