Jokowi : Infrastruktur Fokus Pembangunan Untuk Dongkrak Ekonomi Indonesia

Rencana Pembangunan Presiden Joko Widodo
Rencana Pembangunan Presiden Joko Widodo

Jakarta (Marwahkepri.com) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjabarkan tiga tahapan besar yang akan dilakukan untuk terus mendongkrak ekonomi Indonesia dalam acara Rakernas BPP Hipmi di Hotel Ritz Carlton, Jakarta Selatan, Senin (27/3).

Ketiga tahapan tersebut adalah pembangunan infrastruktur, pengembangan industri pengolahan, dan pengembangan industri jasa.

Jokowi menyebutkan pembangunan infrastruktur harus menjadi fokus pembangunan saat ini. Dengan pembangunan infrastruktur yang berkelanjutan maka bisa menurunkan biaya logistik dengan semakin mudahnya keterjangkauan.

“Karena ini yang akan memperkuat competitiveness kita, biaya logistik lebih murah. Yang berkaitan dengan listrik, jalan tol juga sama kita bekerja tiga shift, yang berkaitan dengan airport, jalur kereta api, pelabuhan juga sama. Karena tanpa itu jangan harap kita bisa bersaing,” jelas Jokowi.
Kedua, industri pengolahan. Daya Alam (SDA) yang dihasilkan di Indonesia harus diolah terlebih dahulu sehingga memiliki nilai tambah.

“Jangan kita sekali-sekali pada 10 tahun kedua masih ada yang berjualan bahan mentah, raw material. Semuanya harus barang minimal setengah jadi,” tutur Jokowi.

Ketiga adalah pengembangan industri jasa. Industri jasa di Indonesia dinilai memiliki potensi yang luar biasa. Misalnya sektor pariwisata, media, dan juga kuliner.

“Kemudian di 20 tahun ketiga, kita harus bisa masuk besar-besaran ke industri jasa. Kekuatan kita sebetulnya kekuatan alam. Sekarang kita baru proses bangun 10 destinasi wisata baru. Masuk di sana, masuk di sarana pendukung,” jelas Jokowi.

“Dan ini adalah anak-anak muda yang bisa, sudah enggak bisa lagi bisnis yang seumur saya masuk, sulit. Anak muda yang harus masuk ini,” ujar Jokowi. (mk/as/detik)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.