DPRD Lingga Bakal Rombak Komisi

Abdul Ghani Atan Leman, anggota DPRD Lingga, Komisi III (net)
Abdul Ghani Atan Leman, anggota DPRD Lingga, Komisi III (net)

Lingga (marwahkepri.com) – Tensi politik di parlemen Kabupaten Lingga tahun 2017 ini akan kembali memanas dalam perebutan kursi pimpinan komisi dan Alat Kelengkapan Dewan (AKD). Komisi yang dianggap strategis bakal menjadi rebutan beberapa fraksi yang ada ditubuh DPRD Lingga.

Abdul Gani Atan Leman, anggota DPRD Lingga fraksi Demokrat mengatakan terkait perombakan komisi atau pemilihan AKD di tahun ini sebagaimana ketentuan tata tertib, yakni setiap 2,5 tahun harus dilakukan. Hal tersebut sebagai bentuk penyegaran di internal komisi yang ada pada struktural DPRD Kabupaten Lingga.

“Perombakan ini sudah menjadi aturan kerja DPRD, dimana dalam seperdua masa periode harus rotasi komisi. Ini berlaku untuk DPRD seluruh Indonesia lah, dimana dalam 2,5 tahun harus rubah komisi,” kata dia, Sabtu (25/03).

Disamping itu, tak menampik jika komisi yang dianggap strategis itu memang menjadi sebuah rebutan. Bahkan, untuk menentukan siapa yang akan menduduki pimpinan komisinya diperlukan lobi-lobi. Pemilihan juga akan ditentukan dari fraksi masing-masing.

Untuk di Lingga sendiri, dikatakan Ghani ada 4 fraksi yanki fraksi Golkar, fraksi Nasdem, fraksi Demokrat, dan fraksi PKS, Hanura, PPP, dan PKB.

“Anggota nanti dipilih dari fraksi, jadi disini ada 4 fraksi. Ini rombak semua 3 komisi, artinya setiap anggota harus rotasi komisi,” papar dia.

Secara pribadi dia akui tidak terlalu meributkan hal ini, bahkan dia yang saat ini berada di Komisi III DPRD Lingga katakan siap dimasukkan di komisi mana saja. Sebab pada prinsipnya menurut dia kader ditubuh Parpol dalam menduduki setiap komisi harus mampu bekerja lebih baik lagi, untuk mengawasi eksekutif Kabupaten Lingga.

“Tak lah, komisi II. Komisi I pun sama saja. Intinya harus mengetahui semua teknis kerjanya,” sambung dia.

Sementara untuk jadwal rombak komisi ini direncanakan Senin besok di ruang parlemen DPRD Lingga. Ketika disinggung mengenai nama-nama dalam rombak komisi ini, Ghani menjawab tidak tahu.

“Kita tengok besoklah hari Senin, belum tau nama-namanya lagi,” pungkas dia. (mk/arp)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.