Pawai Ta’aruf Sebagai Wujud Pengenalan Budaya

Peserta pawai ta'aruf saat melakukan atraksi silat Melayu dihadapan Bupati Lingga, Alias Wello dan jajarannya, Senin (20/03) pagi.
Peserta pawai ta’aruf saat melakukan atraksi silat Melayu dihadapan Bupati Lingga, Alias Wello dan jajarannya, Senin (20/03) pagi.

Lingga (marwahkepri.com) – Sebanyak 4051 khafilah dari 10 kecamatan semarakkan pawai ta’aruf dalam rangka kegiatan Seleksi Tilawatil Quran (STQ) ke VII tingkat kabupaten Lingga tahun 2017. Meski hujan mengguyur, namun pelaksanan yang telah terjadwal tersebu tetap berlangsung khidmat sampai pada penyambutan peserta pawai oleh Bupati Lingga dan jajarannya.

Selain kafilah 10 Kecamatan, pawai yang turut juga diisi barisan OPD, organisasi pemuda, majelis taklim dan sebagainya.

“Pawai ini merupakan wujud dari pengenalan budaya setempat dan selalu menjadi rangkaian, serta selalu ada saat pelaksanaan STQ maupun MTQ.”Kata Wakil Bupati Lingga, M Nizar S.Sos saat pelepasan peserta pawai, Senin (20/03) pagi.

Dia berharap, sepanjang pelaksanaan STQ tingkat Kabupaten Lingga dapat berjalan sukses. Dan kepada perwakilan tiap masing-masing kecamatan dapat menunjukkan bakat dan prestasinya dalam seni Al-Quran. Dengan pelaksanaan STQ ini dapat kira meninggikan siar agama dibumi Bunda Tanah Melayu.

“Semoga ini juga berdampak pada sektor ekonomi masyarakat dengan kegiatan bazar yang akan berlangsung sepanjang pelaksanaan STQ ini,” harapnya.

Sebagai tuan rumah, Kecamatan Lingga menghadirkan 1.346 peserta pawai, 25 orang STQ, dan13 orang official. Kemudian Kecamatan Lingga Timur menghadirkan 530 orang peserta pawai, 23 orang peserta STQ dan 20 orang official. Kecamatan Lingga Utara manghadirkan 500 peserta pawai 24 orang peserta STQ dan10 orang official.

Kecamatan Senayang sebanyak 115 peserta pawai, 22 orang peserta STQ dan 13 orang official. Sedangkan kecamatan Selayar mengikutkan 400 peserta pawai, 25 orang peserta STQ dan 10 orang official.

Untuk dari Kecamatan Singkep mengirim 145 orang peserta pawai, 29 orang utusan STQ dan18 orang official. Singkep Pesisir sebanyak 220 peserta pawai, 19 orang peserta STQ dan 5 orang official. Singkep Barat mendatangkan 150 peserta pawai, 28 orang peserta STQ dan 12 orang official. Singkep Selatan menguruskan 120 orang peserta pawai, 22 orang utusan STQ dan 7 orang official. Sementara Kecamatan termuda yakni Kepulauan Posek mendatangkan 150 peserta pawai, 24 orang peserta STQ dan 4 orang offiacial.

Pelaksanaan STQ Ke VII ini direncanakan berlangsung hingga 25 Maret mendatang. Untuk pembukaan STQ sendiri, akan dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Lingga pada malam nanti. Sementara Gubernur Kepri, Nurdin Basirun dijadwalkan hadir pada pembukaan kegiatan siar agama ini. (mk/arp)