Moment STQ, Disdukcapil Berikan Pelayan Mudah Pengurusan Administrasi Kependudukan

Bupati Lingga, Alias Wello bersalaman bersama Kadisdukcapil Lingga, Syamsudi (arp)
Bupati Lingga, Alias Wello bersalaman bersama Kadisdukcapil Lingga, Syamsudi di stand Disdukcapil dekat arena STQ depan Kantor Bupati Lingga. (arp)

Lingga (marwahkepri.com) – Memanfaatkan momen STQ Ke VII Kabupaten Lingga tahun 2017, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lingga memberikan layanan mudah dalam hal kepengurusan administrasi Kependudukan kepada masyarakat Lingga. Pasalnya bertempat arena STQ depan Kantor Bupati Lingga, salah satu stand bazar deretan Kecamatan-Kecamatan, pelaksanaan pelayanan dilakukan dengan sistem cepat.

Muhammad, Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Kabupaten Lingga mangatakan ide ini dilakukan mengingat momen STQ merupakan langkah tepat dimana masyarakat sebagian dari 10 kecamatan di Kabupaten Lingga berkumpul. Sisi lain juga dinilai sedikit mengirit biaya transportasi baik dari masyarakat di Kecamatan Senayang maupun di wilayah Kecamatan-Kecamatan di Lingga sendiri sebab saat ini pelayanan Disdukcapil berpusat di Daik Lingga, ibukota Kabupaten Lingga.

“Kita manfaatkan momen STQ ini karena kita tau masyarakat akan berkumpul disini, dan itu sudah kita umumkan jauh sebelumnya melalui Radio,” papar Muhammad saat dijumpai, Senin (20/03).

Selain itu, trobosan ini dilakukan pihaknya dalam mengoptimalkan pelayanan kepengurusan administrasi kependudukan serta mempermudah proses pengurusan yang memotong rentang kendali bila harus melangkah ke kota Dabo. Menurutnya segala bentuk kepengurusan administrasi kependudukan bisa siap langsung ditempat selama hitungan beberapa jam saja.

“Selama ini masyarakat di hadapkan dengan kendala biaya transportasi untuk mengurus kelengkapan administrasi kependudukannya. Terutama bagi masyarakat yang ada di pulau-pulau. Sekarang kita sudah siapkan stand di sini,” ujarnya.

Untuk itu kepada seluruh masyarakat Lingga untuk dapat memanfaatkan moment ini dengan baik. Terlebih dalam pengurusan KTP dan Akta dapat diterima secara gratis. Kepada setiap masyarakat yang ingin mengurus segala bentuk administrasi administrasi kependudukan dapat langsung menghubungi stand pelayanan Disdukcapil di arena STQ depan kantor Bupati Lingga.

“Manfaatkanlah momen ini, karena masyarakat akan sangat terbantu khsusnya masyarakat di Pulau Lingga. Mereka tidak harus mengeluarkan ongkos perjalan ke Dabosingkep untuk mengurus administrasi kependudukan ini,” tutupnya.

Sementara Bupati Lingga, Alias Wello memberikan apresiasi atas ide dan trobosan yang dilakukan Disdukcapil Lingga. Tenaga serta perlengkapan yang lengkap dan stanbay sebagai cara mengoptimalkan pelayanan merupakan langkah baik.

“Ini luar biasa, aplus buat persiapan Disdukcapil,” ungkap Alias Wello singkat saat mengunjungi stand pelayanan Disdukcapil Lingga. (mk/arp)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.