KNPI Lingga Santuni Warga Kurang Mampu

DPD KNPI Kabupaten Lingga Santuni Warga Kurang Mampu (net)
DPD KNPI Kabupaten Lingga Santuni Warga Kurang Mampu (net)

Lingga (marwahkepri.com) –  Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau, melaksanakan program Pemuda Berbagi dengan menyumbangkan sejumlah sembako kepada warga. Kegiatan ini sebagai langkah awal dalam mengiat program yang bersentuhan langsung kepada masyarakat ekonomi kebawah.

Saparuddin, Ketua KNPI Kabupaten Lingga yang mengatakan kedatangan mereka di rumah warga yang berada di desa Limbung, Kecamatan Lingga Utara, berkat informasi yang mereka terima dari salah satu pengurus terkait keberadaan keluarga yang tinggal di rumah tidak layak huni dengan ekonomi yang terbatas.

“Kami mendengar informasi bahwa di desa ini ada keluarga yang tinggal di rumah tidak layak huni dan ekonomi keluarga tergolong tidak mampu. Maka hari ini kami berkunjung kesana dengan sedikit membawa bantuan,” ungkap dia, yang turun langsung membagikan sembako, Jum’at (17/03).

Dia katakan kegiatan yang bergerak di bidang sosial ini direncanakan akan menjadi agenda bulanan dilakukan dalam satu bulan satu kali. Meski tidak begitu besar bantuan itu namun dia mengharapkan dapat bermanfaat bagi penerimanya.

“Jadi, insyaallah kita akan lakukan setiap sebulan sekali pada hari Jum’at. Kita ingin KNPI itu berhadapan langsung dengan masalah sosial terkhusus keluarga yang ekonominya kurang. Setidaknya ada bantuan ini mereka cukup terbantu,” sambung dia.

Selain disibukkan mengemas sejumlah kegiatan pemuda, tidak menutup kemungkinan controling yang bergerak pada kegiatan sosial diabaikan. Terlebih hal tersebut dapat menyentuh dan rasakan masyarakat.

“Kita harap bisa merasakan apa yang mereka rasakan, jadi ini rasa prihatin. Walau sekedar saja bantuan itu semoga bermanfaat,” ujarnya.

Mengenai penerima bantuan juga telah disiapkan tim survey dari pengurus untuk menilai sebagaimana yang layak menerima. Untuk itu kepada tiap perwakilan PK Kecamatan juga diharapkan mampu lebih sensitif dengan sosial lingkungannya dan selektif menilai agar bantuan mengalir tepat sasaran.

“Kita ada mengsurvei. Jadi kita di DPD sudah tau mana yang mau diberi bantuan itu. Kita turun dan tidak lagi mendata tapi langsung menyerahkan bantuan. Kami berbagipun tergantung kemampuan kami. Tidaklah besar tapi semoga bermanfaatlah. Kalau yang pertama ini kira-kira kisaran Rp 250 ribu per KK,” ujarnya.

Disamping penyerahan bantuan, dia sampaikan hadirnya KNPI ketengah masyarakat selain dapat berbagi cerita juga dapat menampung segala bentuk aspirasi warga. Disisi ini KNPI juga dapat membantu menyampaikan aspirasi-aspirasi itu kepada pihak yang berwewenang langsung menangani.

“Kita cuma menyampaikan misal ada rumah tak layak huni kepada pihak terkait, tapi kita tidak bisa menekan mereka harus bantu, tergantung merekalah nanti. Karena itu nanti juga ada kerjasamanya sama desa,” sebutnya.

Ditempat yang sama, Wandi salah satu pengurus KNPI Kabupaten Lingga juga turut memaparkan. Menurutnya kehadiran KNPI ketengah masyarakat sebagai salah satu pendekatan sosial guna mendekatkan jalinan silaturahmi selain sifatnya membantu.

“Sebagai pemuda, tentunya ingin mendekatkan diri kepada masyarakat, baik dalam hal berbaur dan berbagi. Membantu bukan materi semata, tenaga, pikiran dan perlakukan yang baik boleh kita beri ketengah masyarakat,” ujarnya.

Selain itu dalam waktu dekat, yakni pada 13 April mendatang KNPI Kabupaten Lingga akan mengadakan pelantikan pengurus. Dijelaskan Wandi selaku Ketua Panitia, pada sempena pelantikan akan diadakan sejumlah kompetisi salah satunya pertandingan futsal yang akan memperebutkan piala KNPI Cup I. Ajang turnamen futsal ini juga sebagai wadah mencari bakat-bakat pemuda di bidang olahraga terkhusus futsal dan sepak bola.

“Ini nanti ada yang berbakat kita bina untuk persiapan Kabupaten menuju POPROV mendatang. Selain itu ada juga pertandingan Domino,” tutupnya. (mk/arp)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.