Ternyata Makan Buah Paling Tepat di Pagi Hari

20170314212811-makan-buah-_170315075005-441

MARWAHKEPRI.COM, Jakarta – Mengonsumsi buah-buahan sangat baik untuk menjaga kondisi kesehatan karena buah sarat dengan nutrisi dan serat. Namun banyak orang melakukan cara yang tidak efektif ketika mengonsumsi buah sehingga manfaat kesehehatan yang didapat pun menjadi tidak maksimal.

Dikuti dari Times of India, ada beberapa cara tepat mengonsumsi buah agar memperoleh manfaat kesehatan yang maksimal. Pertama, makanlah buah saat pagi dan lakukan rutin setiap harinya. Memakan buah di pagi hari ketika perut masih kosong dapat membantu tubuh menyerap nutrisi buah secara optimal. Tubuh menjadi lebih mudah mencerna dan memproses buah ketika perut kosong.

Namun, cara ini tidak disarankan bagi mereka yang memiliki sakit maag atau fungsi lambung lemah seperti balita dan orang yang sudah lanjut usia. Sebab, beberapa buah-buahan seperti jeruk dan nanas mengandung asam asetat yang dapat meningkatkan produksi asam lambung.

Jadikan buah sebagai camilan dan konsumsi diantara dua waktu makan seperti antara waktu sarapan dan makan siang, antara makan siang dengan makan malam. Cara ini dapat meningkatkan laju metabolisme tubuh serta mempertahankan kadar gula dalam darah. Mengonsumsi buah di antara waktu makan, membuat tubuh tidak akan sempat untuk menyimpan lemak.

Jangan konsumsi buah tepat setelah makan. Mengonsumsi buah setelah makan berat merupakan kebiasaan salah yang sering dilakukan banyak orang. Jika dilakukan maka buah dapat menambah kalori yang menumpuk setelah makan sebab buah-buahan mengandung pemanis alami dan kalori.

Selain itu, buah-buahan yang mengandung kemanisan tinggi seperti delima, mangga, anggur, leci dan semangka harus dikonsumsi dalam jumlah sedang, terutama bagi mereka yang memiliki kadar gula darah tinggi.

Pilih jenis buah yang tepat untuk dikonsumsi sebelum tidur sebagai salah satu cara untuk mengatasi rasa lapar. Buah yang baik dikonsumsi sebelum tidur yaitu apel, pisang kiwi dan ceri. Hindari buah-buahan seperti mangga dan anggur karena buah-buah tersebut dapat membuat otak terus aktif sehingga akan mengganggu waktu tidur.