Kenapa Ya Industri Kreatif di Kepri Masih Lesu? Padahal Kata Kepala Dinas ini Produknya Cukup Unggul

20170313215246-industri

Ilustrasi


MARWAHKEPRI.COM,  Tanjungpinang – Saat ini gairah industri kreatif di wilayah Kepri dinilai belum memiliki nilai tambah untuk bersaing di pasar global. Padahal, industri mikro kecil dan menengah di Kepri yang berjumlah sekitar dua ribuan tersebut, memiliki keunggulan produk yang sangat baik.

Hal ini diutarakan oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kepri, Burhanuddin,semalam. “Industri kreatif kita saat ini tidak memiliki nilai tambah. Makanya, hanya bisa bersaing di lokal saja,” ungkapnya.

Menurutnya, banyak faktor yang menyebabkan hal tersebut bisa terjadi. Di antaranya, kurangnya kesempatan dan pengetahuan para pelaku industri kreatif menambah nilai jual ke luar daerah.

Padahal, lanjut Burhanuddin, kualitas produk dari Kepri sudah sangat baik. Nilai kekhasan lokal dan kesenian yang bagus juga sudah sangat bagus.

Seperti di Tanjungpinang, terkenal dengan produk-produk yang berbahan dasar kulit gonggong. Serta di Kabupaten Bintan, dengan produk dari tulang belulang ikan.

“Selama ini, berbagai macam produk kreatif yang ada hanya bisa dinikmati di ranah lokal,” ungkap Burhanuddin.

Untuk itu, demi meningkatkan pengetahuan para pelaku produk kreatif lokal, dirinya akan melakukan pelatihan agar pemasaran produk tersebut bisa bersaing di luar daerah. Bahkan, sampai ke luar negeri.

Ia menambahkan, program pelatihan bagi para pelaku industri kreatif tersebut sudah masuk dalam program kerjanya pada tahun 2017 ini. Rencananya, pelatihan yang diperuntukkan bagi pelaku bisnis kreatif itu akan dilaksanakan sebelum Pameran Ekonomi Kreatif (PEK) Kepri yang akan digelar pertengahan tahun ini.

“Kita akan tingkatkan kemampuan para pelaku industri kreatif di Kepri yang memiliki potensi berkembang. Mulai dari pemasaran hingga pengemasannya. Supaya, produk lokal kita bisa bersaing di luar,” ujarnya mengakhiri. n4-bt/is

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.