Enam Desa di Kabupaten Bogor Diterjang Banjir Bandang

banjir

Bogor (Marwahkepri.com) – Enam desa di Kecamatan Jasinga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (10/3) diterjang banjir bandang. Akibatnya, ratusan rumah warga terendam.

Berdasarkan informasi yang diterima, enam desa yang diterjang banjir yakni Desa Kalongsawah, Pamagersari, Jasinga, Pangradin, Koleang, dan Desa Neglasari.

“Banjir bandang karena sungai Cidurian dan Cikalong meluap,” ujar Jaenal Abidin, warga Kampung Kalong Dagul, Desa Kalongsawah.

Menurutnya, banjir bandang terjadi sekitar pukul 16.00 WIB saat wilayah tersebut diguyur hujan deras.

“Sebagian besar rumah yang dilintasi dua aliran sungai terendam banjir,” kata dia.

Jaenal memperkirakan, lebih dari 600 rumah dan sejumlah kendaraan terendam dengan ketinggian air mencapai 20 hingga 100 sentimeter. Bencana banjir ini juga merusak barang-barang elektronik dan furniture milik warga.

Tak hanya itu, dua rumah warga Desa Pangradin hanyut terbawa arus. Kandang beserta dua ekor kambing dan 31 ekor ayam juga hanyut.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, Budi Pranowo mengakatan, belum bisa memastikan berapa jumlah rumah yang terendam akibat banjir bandang kemarin sore, namun ia memastikan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

“Data sementara di Desa Pangradin dan Pamagersari masing-masing ada dua rumah rusak ringan. Para penghuni diungsikan ke rumah saudaranya,” ujar Budi, Sabtu (11/3). (mk/as/l6)

 

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.