Menkopolhukam Beberkan Tiga Konsep Pembangunan Daerah Perbatasan

C360_2017-03-08-14-05-11-517
Keterangan Pers Menkopolhukam

Natuna (Marwahkepri.com) – Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan, Jenderal (Purn) Wiranto menyampaikan, ada tiga konsep pembangunan daerah perbatasan sesui dengan Nawacita Presiden RI Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kala.

Adapun ketiga konsep dimaksud diantaranya, konsep pertahanan wilayah, pemerataan kesejahteraan, dan pelestarian lingkungan. Demikian disampaikan Wiranto kemarin (08/03) di Lanud Raden Sadjad, Ranai.

Program pembangunan daerah perbatasan telah dimulai dan telah rampung disejumlah wilayah perbatasan. Pemerataan pembangunan ini akan dilaksanakan diseluruh wilayah dari Sabang sampai Merauke.

Gerakan Pembangunan Terpadu Daerah Perbatasan (Gerbangdutas) akan merogoh kocek pemerintah Rp 17 trilyun pada tahun 2017 ini. Provinsi Kepulauan Riau kebagian jatah sebesar Rp 1,618 trilyun.

Kota Batam mendapat jatah sebesar Rp 296,698 milyar, Kabupaten Bintan Rp 158,848 milyar, Kabupaten Kepulauan Anambas Rp 168,177 milyar, Kabupaten Karimun Rp 162,621 milyar, dan Kabupaten Natuna kebagian jatah Rp 470,657 milyar.

Saat ini pemerintah juga tengah gencar membangun pos lintas batas. Akan tetapi tidak hanya membangun fisik semata, tetapi membangun niat mempertahankan dan meningkatkan keaejahteraan masyarakat di perbatasan.

“Sambutan Presiden saat meresmikan pos lintas batas di Entikong, tidak hanya membangun secata fisik, tetapi juga niat mempertahankan, meningkatkan harkat derajat masyarakat”, ujar mantan Panglima ABRI itu.

Saat ini terjadi kesenjangan kontras antara masyarakat Indonesia di perbatasan dengan masyarakat negara tetangga. Presiden ingin membalik posisi itu, bagaimana supaya kondisi infrastruktur dan masyarakat jauh lebih baik.

“Saat ini kalau tidak salah sudah 7 pos lintas batas yang sudah terselesaikan. Ini yang kita inginkan bagaimana supaya wajah kita diperbatasan lebih baik dari negara lain”, tutup Wiranto.(nang)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.