Angkatan Pertama SMP Gurindam Al – Badariyyah Siap Menghadapi Ujian Nasional

Mehder Badrus Zaman Pengurus Harian Yayasan A l- Badariyyah
Mehdar Badrus Zaman Pengurus Harian Yayasan Al- Badariyyah

BATAM (MK) – Tahun ini Pondok Pesantren SMP Gurindam Al – Badariyyah yang terletak di Kampung Tua Belian, Batam Kota resmi akan mengikuti Ujian Nasional untuk murid angkatan pertamanya.

Sebanyak 38 siswa angkatan pertama SMP Gurindam Al-Badariyyah ini sudah terdaftar untuk  mengikuti ujian nasional yang akan diadakan disekolah mereka sendiri.

Sebelum Ujian Nasional, mereka terlebih dahulu harus menghadapi ujian – ujian lainnya. Untuk ujian yang pertama adalah Ujian Akhir Semester (UAS) , setelah itu Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN), kemudian dilanjutkan dengan Ujian Sekolah, yaitu ujian yang tidak di UASBN kan dan tidak pula di UN kan, dan yang terakhir diawal Mei nanti baru Ujian Nasional.

“Setelah Ujian Nasional, kita juga akan mengadakan Ujian Praktek seperti praktek ibadah, praktek sholat, praktek wudhu, tayamum dan lain – lainnya,”ujar Mehdar Badrus Zaman selaku pengurus harian yayasan, Kamis (9/3).

Setelah ujian praktek mereka masih akan berlanjut untuk ujian Hapalan Al-quran, sebelumnya guru – guru telah menyampaikan kepada siswa yang lulus agar bisa menghapal minimal 3 juz Al-quran.

“Disekolah ini, meskipun nantinya berdasarkan Ujian Nasional murid dinyatakan lulus, namun hapalan Al-qurannya belum mencapai 3 juz, maka murid tersebut tidak bisa mengikuti seremonial wisuda,”katanya.

Tidak sampai disitu saja, mereka masih  berlanjut untuk ujian selanjutnya yaitu ujian Bahasa Arab dan Bahasa Inggris. Untuk yang bahasa Inggris mereka bekerjasama dengan Language Centre yang ada di Univesitas Internasional Batam (UIB).

smp gurindamm

Untuk kendalanya sendiri, Mehdar mengatakan tidak bisa menyamakan siswa SMP Gurindam dengan siswa yang ada diluar, karena di sekolah ini mereka mempunyai aktivitas yang cukup banyak. Meskipun begitu, siswanya tetap mencari waktu untuk bisa belajar dan juga mengatur emosionalnya agar tidak terlalu stress.

Salah satu siswa SMP Gurindam mengatakan sudah siap mengikuti ujian nasional meskipun masih ada rasa was – was.

“Deg – degan juga, tapi sudah dipersiapkan dengan bimbingan belajar tiap malam, jadi sudah ada modal juga,”ungkap siswa itu.

Mehdar berharap untuk Ujian Nasional ini nantinya siswa SMP Gurindam mendapatkan nilai yang bagus dan lulus seratus persen.

“Saya maunya nilai anak memuaskan, tapi tergantung dari usaha mereka sendiri, tapi tetap usaha kami paling tidak 100% anak lulus, jangan sampai ada yang tidak,”harapnya.

Walaupun begitu, yang paling diharapkan Mehdar untuk anak didiknya adalah bisa berguna dan berbakti untuk masyarakat, seperti bisa jadi pendakwah, Imam masjid dan lain – lainnya.(mk/mun)

 

 

 

 

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.