Papua Nugini Diguncang Gempa, Tidak Berpotensi Tsunami

Marwahkepri.com – Gempa bumi berkekuatan 6,5 Skala Richter (SR) mengguncang wilayah Papua Nugini. Tidak ada ancaman tsunami yang diakibatkan gempa kuat ini.

Papua Nugini membentang di atas lempeng Pasifik-Australia sepanjang 4 ribu kilometer. Lempeng bumi itu membentuk ‘Ring of Fire‘ yang rawan aktivitas kegempaan setiap kali terjadi pergeseran antara dua lempeng yang berbeda.

Dilaporkan badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS), seperti dilansir AFP, Senin (6/3), bahwa gempa bumi ini berpusat di lokasi dekat New Britain Island yang tergolong jarang penduduknya, yang berjarak 450 kilometer sebelah timur laut ibu kota Port Moresby.

Pusat gempa yang mengguncang pada Senin (6/3) pagi waktu setempat ini berada di kedalaman 28 kilometer dari permukaan laut.

Usai gempa terdeteksi, Pusat Peringatan Tsunami Pasifik yang berbasis di Hawaii menyatakan tidak ada peringatan tsunami yang muncul terkait gempa ini.

“Berdasarkan seluruh data yang tersedia, tsunami bersifat menghancurkan dan meluas di Pasifik diperkirakan tidak akan terjadi,” jelas Pusat Peringatan Tsunami Pasifik.

New Britain Island merupakan pulai terbesar di gugusan kepulauan Bismarck Archipelago, yang terletak di sebelah timur daratan utama Papua Nugini. Pulau itu hanya memiliki 500 ribu penduduk.  (mk/detik)

 

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.