Menpora : Indonesia Siap Selenggarakan Asian Games 2018

logo

Jakarta (Marwahkepri.com) – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi memastikan Indonesia siap menyelenggarakan Asian Games XVIII tahun 2018.

Menpora menyebutkan, berbagai persiapan yang dilakukan pemerintah tetap berada pada jalur sebenarnya (on the track). Bahkan, persiapan di Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta sudah melampaui target yang ditetapkan.

“Sudah dilaporkan semuanya kepada Bapak Presiden. Sudah on the track, bahkan ada yang melampaui target. GBK, pada bulan Februari ditargetkan sekitar 45%, dan Alhamdulillah sudah di atas 47%,” kata Menpora usai rapat terbatas Kabinet Kerja di Kantor Kepresidenan, Jakarta, Kamis (2/3).

Rapat yang dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi) membahas tentang perkembangan infrastruktur dalam mendukung penyelenggaraan Asian Games 2018. Dia mengatakan, dana yang dipersiapkan sekitar Rp 500 miliar yang berasal dari APBN.

Selain itu, kata Menpora, ada 10 cabang olah raga yang masih di-pending pembangunan venue-nya karena belum termasuk dalam daftar perencanaan. Cabang olah raga itu adalah BMX, kriket, baseball, jet ski, layar, rugby, kabadi (olahraga gulat beregu asal India), basket, dan surfing.

“Untuk surfing sudah diputuskan di Pelabuhan Ratu, Jawa Barat. Kemudian, BMX di Lubuklinggau, Sumatera Selatan, kriket di GOR Soemantri Brodjonegoro, Jakarta,” katanya.

Sedangkan cabang olah raga baseball, kemungkinan besar akan digelar di Palembang, Sumatera Selatan.

“Tetapi, kalau kebutuhannya hanya untuk tempat latihan, bisa digeser ke Jakarta, karena lapangan tandingnya ada di Jakarta. Cabang olah raga basket diputuskan digeser ke Palembang karena di sana ada lapangan berstandar international,” ujarnya.

Cabang Kabadi, olah raga tradisional India seperti halnya gulat, tetapi beregu, akan dipertandingkan di Jakarta Expo dan Rugby dipertimbangkan di Kuningan serta sejumlah cabang olah raga lainnya dipertimbangkan untuk digelar di ICE Bumi Serpong Damai. Jetski dan layar di Ancol. (mk/as/beritasatu)

 

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.