ada mempunyai Mental yang Lemah ? ini cara melatihnya

1

MARWAHKEPRI.COM, Jakarta – Pengetahuan dan kemampuan sudah mumpuni, tapi tanpa mental yang kuat semua itu belum sempurna.

Dalam kehidupan kita memerlukan mental yang kuat seperti kepercayaan diri, kemampuan menyelesaikan masalah, kemampuan mengambil keputusan, dan kemampuan-kemampuan lain.

Seperti yang dilansir di psychologytoday.com, salah satu cara meningkatkan kekuatan mental adalah dengan melatih otak kita untuk bekerja mendukung kesuksesan kita semaksimal mungkin.

Mental yang lemah bisa dilatih, kok! Bagaimana caranya?

1. Jangan hakimi diri sendiri

Dalam menghadapi situasi apapun, jangan hakimi diri kita sendiri. Khususnya dalam berkompetisi dalam studi, karier, atau apapun itu, jangan pernah bersiap menjadi seorang yang kalah.

“saya pemenang”, “saya pasti bisa”, “saya tidak akan gagal” katakanlah hal-hal yang membangun diri kita sendiri.

Penelitian dari Institute of Sport di Inggris mengungkapkan bahwa cara berpikir yang menyemangati diri sendiri akan mempengaruhi tindakan seseorang. Ingat, manusia adalah apa yang dipikirkannya!

2. Latih kesadaran diri

Kesadaran diri berarti mampu mengenali situasi, berpikir mengenai solusi, dan bersedia melakukan evaluasi diri.

Dengan melatih kesadaran diri, kita akan semakin mampu untuk mengendalikan stres.

Penyebab stres semakin lama semakin banyak. Kalau kita tidak melatih kesadaran diri kita sendiri untuk mengendalikan stres dan berbagai hal-hal negatif itu, kita bisa kalah akan dunia ini dan terikut arus.

3. Visualisasikan kesuksesan

Jika kita belum berada pada tahap kesuksesan sekarang, mungkin belum waktunya. Walau belum sampai waktunya, tidak ada salahnya membayangkan kesuksesan itu sekarang.

Dengan membayangkan kesuksesan itu, kita akana terbantu untuk memberikan yang terbaik yang kita miliki. Bayangan kemenangan dan kesuksesan akan memotivasi diri kita sendiri untuk berjuang dan maju.

4. Biasakan membicarakan hal yang positif pada diri sendiri

Banyak penelitian yang menyatakan bahwa berbicara pada diri sendiri dengan motivasi-motivasi yang positif merupakan hal yang sangat baik dalam melatih kekuatan mental.

Hal tersebut bisa membuat kita lebih tenang dan mengambil keputusan dengan lebih baik.

Lebih baik mengungkapkan, “saya pasti bisa” lebih baik “Yadi! (sebut nama Anda sendiri) pasti bisa!”

Hal ini juga akan membantu kita secara emosional untuk melakukan banyak hal dengan bertanggung jawab dan bersemangat!

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.