Hindari 7 Kebiasaan Yang dapat merusak Gigi Anda

2

MARWAHKEPRI.COM, Jakarta – Merawat gigi agar tetap sehat dan kuat sebenarnya tak terlalu sulit. Namun, tanpa disadari, ada kebiasaan yang ternyata menjadi pemicu rusaknya lapisan gigi. Berikut ulasannya seperti dilansir Times of India.

1. Menggunakan benang gigi

Manfaat membersihkan sela gigi dengan benang masih menjadi perdebatan di kalangan ahli. Banyak yang menilai, aktivitas ini menimbulkan rongga di antara gigi yang dapat menyebabkan gigi terasa ngilu.

2. Menggunakan sikat gigi lama

Jika sikat gigi yang anda gunakan menimbulkan rasa sakit atau nyeri, maka disarankan untuk segera menggantinya. Sebab, sikat gigi yang sudah terlalu lama digunakan bisa jadi dihinggapi oleh bakteri berbahaya yang dapat menyebabkan infeksi.

3. Menyikat gigi terlalu keras

menyikat gigi terlalu keras dapat menyakiti gusi dan enamel. Selain itu, dapat juga mengikis bagian bawah gigi yang dapat membuat gigi menjadi lebih sensitif.

4. Menyikat gigi setelah makan

Menyikat gigi setelah makan adalah cara yang salah. Sebab, dapat mengikis enamel pada gigi. Sebaiknya tunggu minimal 30 menit setelah makan jika ingin membersihkan gigi dan mulut.

5. Terlalu banyak mengonsumsi gula

Gula adalah salah satu penyebab utama merusak gigi dan gusi. Makanan yang manis dapat menyebabkan bakteri yang menghasilkan asam dan tidak baik untuk enamel gigi.

6. Tembakau

Mengunyah tembakau lebih buruk daripada merokok. Sebab, dapat memotong pasokan darah pada gusi dan bisa sebagai penyebab utama kanker mulut.

7. Terlalu banyak mengonsumsi es

Selain gula, terlalu banyak mengkonsumsi es dapat merusak enamel gigi. Selain itu, suhu dingin ini tidak baik untuk kesehatan mulut.

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.