Tax Amnesty Segera Berakhir, Jokowi : Terima Kasih Semua Yang Telah Mendukung

TAMarwahkepri.com — Program pengampunan pajak atau tax amnesty sudah memasuki tahap akhir, sejak dimulai pada Juli 2016 lalu.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya pada Ditjen Pajak beserta seluruh jajarannya.

Presiden Jokowi mengaku, selama ini dirinya mengetahui siapa saja yang bertugas di lapangan, terutama di Direktorat Jenderal Pajak dan seluruh jajarannya.

“Sabtu dan Minggu juga buka seperti apotek 24 jam. Buka, kita perintah untuk buka, ya buka,” kata Presiden Jokowi seperti dilansir dari situs resmi Sekretariat Kabinet, Rabu (1/3).

Ucapan terima kasih juga disampaikan Presiden Jokowi atas kerja sama yang baik dari kementerian lembaga, aparat hukum, pemerintah daerah, dan juga asosiasi pengusaha yang sudah memberikan back up kepada pemerintah.

“Oleh sebab itu, saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran pengurus yang didukung juga oleh asosiasi yang lain, Kadin, Hipmi, perbankan, industri keuangan, konsultan pajak. Dan masih banyak lagi yang memberikan dukungan penuh pada program amnesti pajak ini,” tuturnya.

Menurut Jokowi, tidak ada negara lain seperti Indonesa yang presidennya dibawa ke mana-mana untuk ikut menyosialisasikan program pengampunan pajak atau tax amnesty.

“Cari di dunia, di negara lain, di Jakarta saya berapa kali ngomong mengenai amnesti pajak, di Semarang, Surabaya, Bandung, Makassar, Balikpapan, Medan, dan Bali saya datangi semuanya. Untuk apa? Agar program ini betul-betul memberikan manfaat negara,” ucap Presiden.

Presiden juga berharap kerja sama yang sudah terjalin ini dijaga terus. Sebab, kalau sudah ada trust, arus modal pasti akan masuk, investasi pasti akan masuk, orang tidak takut untuk menjalankan usaha.

“Itulah yang sekarang ini kita sedang dalam proses membangun itu. Membangun trust, itu sesuatu yang tidak kelihatan, tapi sangat berharga sekali,” pungkas Presiden.

Presiden Jokowi menilai, total harta yang diungkap dalam tax amnesty ini seluruhnya mencapai Rp 4.413 triliun, yang menurut dia merupakan angka yang besar sekali. Sementara yang menyampaikan Surat Pernyataan Harta (SPH) mencapai 707.000 surat dan datanya bergerak terus. (mk/as/kompas)
 

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.