Kampung Tande Langganan Banjir Tiap Kali Hujan Deras

Banjir di Kampung Tande, Daik Lingga (foto.net)
Banjir di Kampung Tande, Daik Lingga (foto.net)

Lingga (marwahkepri.com) – Akibat hujan deras seharian air tande meluap dan menimbulkan banjir dengan ketinggian lutut hingga bibir pintu rumah warga. Perihal ini membuat sejumlah warga khawatir banjir semakin meningkat.

Perihal banjir sudah menjadi langgan setiap kali hujan deras, air sungai Tande meluap. Sepanjang bantaran sungai, kojoh dengan arus yang deras tersebut kerap dirasakan warga Tanda. Hal ini dipicu masih sempitnya saluran sungai.

Dari pengakuan, Nondo salah satu warga Tande mengatakan ‘kojoh’ (banjir) sering kali terjadi disepanjang bantaran sungai Tande. Tak hanya kampung Tande biasanya, ketika hujan deras sejumlah kampung juga di kota Daik juga merasakan dampaknya.

“Namun hari ini, kojoh sampai ke Tande Hulu. Luapan sungai cukup luar biasa. Kita khawatir kojoh semakin tinggi,” ujarnya, Selasa (28/2).

Cuaca yang tidak dapat diprediksi berlangsung sejak pagi tadi. Hujan yang begitu deras mengguyur sejak pagi tanpa henti. Sedangkan bantaran sungai yang sempit masih belum cukup untuk mengantisipasi derasnya air yang datang dari hulu sungai membuat luapan air semakin tinggi.

Akibatnya banjir pun menghampiri sekitar pemukiman warga, maupun halaman rumah mereka hingga mencapai bibir pintu rumah panggung. Bahkan sebagian ketinggian air masuk ke rumah warga.

“Karena sudah berkali-kali dilanda kojoh, hal ini belum ada perhatian dari pemerintah,” imbuhnya.

Sementara Irsyad, warga lainnya mengatakan banjir kali ini cukup besar sebab hujan deras yang tak kunjung berhenti seharian. Dia berharap semestinya bantaran sungai Tande di perlebar untuk mencegah terjadinya banjir setiap kali musim hujan.

“Ini luar biasa. Air masuk ke sebagian rumah warga. Kita warga di kelurahan Daik ini, berharap aliran sungai Tande ini diperlebar atau diapalah namanya. Agar tidak lagi banjir seperti ini,” tuturnya. (mk/arp)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.