Ke Anambas Bisa Pakai Yacht Pribadi

Tarempa (Marwahkepri.com) – Kepulauan Anambas di Kepri adalah salah satu pintu masuk yacht dan cruise asing ke Indonesia. Ini adalah salah satu upaya yang dilakukan oleh Pemkab Kepulauan Anambas untuk menarik wisatawan.

Beberapa waktu lalu, Kemenhub telah menjadikan Kepulauan Anambas sebagai salah satu pintu masuk dan keluar yacht di Indonesia (entry/exit).

“Kemenhub menetapkan exit entry point keluar masuk yacht ke Anambas lewat Tarempa, sudah tidak begitu sulit bagi wisatawan untuk mengunjungi Anambas lewat yacht,” terang Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris di Kantor Bupati Kepulauan Anambas, Tarempa, dalam rangkaian Presstour Direktorat Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan bekerjasama dengan Forum Wartawan Perhubungan Sabtu malam (25/2).

Harapannya, yacht atau cruise asing dapat masuk ke Indonesia dan singgah ke Anambas untuk berlibur. Mengingat lokasi Kepulauan Anambas yang berdekatan dengan sejumlah pelabuhan cruise ternama seperti Singapura dan Malaysia.

“Untuk Anambas ini kalau cruise kita memang belum ada yang mampir atau singgah di Pelabuhan Tarempa, kalau hari ini pelabuhan yang ada memang tidak layak untuk pelabuhan wisata, itu pelabuhan untuk naik turun penumpang umum,” ujar Haris terkait masih minimnya fasilitas pelabuhan di Kepulauan Anambas.

“Untuk sementara kita buat ruang tunggu untuk kapal yacht, semua udah mendukung, semua CQP (Charter Quality Pool – red) udah lengkap, kita ingin mereka juga support,” tutup Haris.

Sejauh ini, pihak Pemkab Anambas telah meningkatkan infrastruktur pelabuhan hingga mempermudah jasa pelayanan masuk untuk yacht. Servis yang baik dan cepat memang menjadi salah satu syarat utama agar yacht mau datang ke suatu negara. (mk/as/detik)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.