Aman S.Pd Mengajukan Perda Terhadap Produk dan Sertifikasi Halal Agar Masyarakat Tidak Ragu Dalam Mengkonsumsi Barang

Aman S.Pd Fraksi Hanura
Aman S.Pd Fraksi Hanura

BATAM (MK) – Menanggapi  banyaknya masyarakat yang was – was akan kehalalan  ayam potong yang dijual di pasar – pasar, Aman S.Pd dari Fraksi Hanura mengatakan secara pribadi dia telah mengajukan kebijakan terhadap produk dan sertifikasi halal, terkait juga pengawasan produk halal di Kota Batam, Senin (27/2/2017).

“Insyaallah Perda ini akan dibahas di Semester I tahun 2017, mudah – mudahan di Bulan Maret atau April perda ini sudah dibahas,”ujarnya.

Menurutnya Perda ini juga akan melindungi konsumen khususnya umat Islam di Kota Batam, dan bahkan juga wisatawan mancanegara yang memang beragama Islam agar tidak terjadi keraguan dalam mengkonsumsi makanan atau pun yang lain di Kota Batam ini.

“Terkait dengan pemotongan ayam, nanti jika sudah ada perdanya maka kita bisa mengawasi secara ketat sesuai aturan yang ada di Perda, serta sanksi – sanksinya jika pelaku tidak mentaati perda yang nantinya kita buat itu,”ungkapnya.

“Tentu saat ini karena belum ada Perda yang mengatur itu, kita berharaplah pada Pemerintah Kota Batam melalui Dinas terkait, Dinas Ketahanan Pangan atau yang lain yang masih terkait dengan pemotongan ayam ini untuk bisa mengawasi ketika dilapangan bagaimana ayam itu disembelih, apakah sudah termasuk dalam kategori pemotongan yang benar sesuai syariat Islam atau tidak,”lanjutnya.

Dikatakannya kalau itu tidak benar dilakukan cara pemotongannya maka bisa dikategorikan sebagai bangkai, sedang bangkai dalam syariat Islam tidak boleh dikonsumsi oleh agama Islam.

Dia juga mengatakan untuk urusan halal ini sebenarnya bukan untuk umat Islam saja,  karena jika produk halal atau tidaknya suatu barang akan berpengaruh pada kesehatan juga.

“Ketika kita berbicara tentang kesehatan menyasar pada seluruh umat, bukan umat islam saja, non muslim juga,”terangnya.

Jika suatu barang halal kesehatan juga bisa dijamin, namun ketika tidak halal maka kesehatannya juga tidak bisa dijamin. Dan oleh karena itu, Aman berharap adanya dukungan dari Pemko Batam untuk inisiatif Perda itu agar ada Perda yang akan mengatur produk dan sertifikasi halal serta pengawasan produk halal apapun saja yang ada di Kota Batam ini sehingga masyarakat tidak ragu – ragu dalam mengkonsumsi makanan dan juga wisatawan mancanegara Timur Tengah yang sekarang mendominasi dibeberapa Negara tidak ragu untuk datang ke Batam karena konsumsi yang ingin dia pakai nanti sudah halal.(mk/mun)

 

 

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.