STQ Ke 7 Kecamatan Lingga Utara, Desa Sekanah Ambil Bagian

Penyerahan Piala Bergilir STQ Ke 7 Kecemtan Lingga Utara Kepada Camat Lingga Utara, Jabar Ali.
Penyerahan Piala Bergilir STQ Ke 7 Kecamatan Lingga Utara Kepada Camat Lingga Utara, Jabar Ali di Astaqa desa Sekanah

Lingga (marwahkepri.com) –  Bertempat di dusun II Lundang desa Sekanah, pemerintah Kecamatan Lingga Utara mengelar perhelatan STQ Ke 7 tingkat kecamatan Lingga Utara. Acara yang mensiarkan lantunan ayat suci Al-Quran tersebut secara resmi dibuka Wakil Bupati Lingga, M Nizar, Sabtu (25/02).

Diawali dengan pawai ta’aruf pada siangnya, 11 desa dan 1 kelurahan di Kecamatan Lingga Utara ikut berpartisipasi. Pawai ta’aruf yang dilaksanakan mulai dari SDN 010 Lingga Utara berhenti didepan Astaqa STQ di lapangan Polindes dusun II Lundang.

Lantunan ayat suci Al-Quran turut dibacakan istri Wakil Bupati Lingga, Maratussholiha Nizar sebagi awal pembukaan siar islam dua tahunan ini, turut menambahkan suasana islam. Ditandai pemukulan bedug, acara yang direncanakan digelar sampai 28 Februari 2017 secara resmi dibuka bersama.

Kepala desa Sekanah, M Nazar sekaligus Ketua panitia pelaksana mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang bersangkutan atas terselenggaranya STQ Ke 7 Kecamatan Lingga Utara. Menurutnya STQ merupakan pegelaran istimewa demi mencerdaskan generasi tantang Al-Quran, terlebih pelaksanaannya dilakukan dikampung halamannya.

“Adapun peserta yang ikut meliputi Kelurahan Pancur 11 peserta, desa Duara 11 peserta, desa Resun 6 peserta, desa Sekanah 11 peserta, desa Limbung 11 peserta, desa Teluk 6 peserta, desa Bukit Harapan 7 peserta, desa Sungai Besar 11 peserta, desa Rantau Panjang 11 peserta, desa Resun Pesisir 11 peserta, desa Bekungkur 8 peserta dan desa Linau 9 peserta,” kata dia saat menyampai laporan panitia.

Adapun cabang yang diperlombakan meliputi tilawal anak-anak, tilawah remaja, tilawah dewasa, syarhil, dan tartil. Disamping itu event ini juga turut diramaikan stand bazar yang dibuat sejumlah desa dan instansi lain di Kecamatan Lingga Utara.

“Meski belumlah sempurna, tapi kami berupaya melakukan yang terbaik. Ini langkah percobaan menirukan apa yang telah di buat di tingkat Kabupaten. Kalau sekiranya masih dalam kekurangan, kepada Bapak Wakil Bupati kami mohon maaf,” lanjutnya.

Camat Lingga Utara, Jabar Ali juga menyampaikan hal yang sama. Disamping itu dia yakin di STQ ini dapat melahirkan geranasi yang cinta Al-Quran.

“Kita jauhkan diri dari budaya luar yang seakan dan perlahan menjerumuskan kita kedalam hal-hal diluar kewajaran. Mari kita dukung pelaksanaan STQ Ke 7 ini supaya berjalan sebagaimana mestinya,” paparnya.

Sementara Wakil Bupati Lingga, M Nizar sangat mengapresiasi hasil kerja keras pemerintah desa Sekanah maupun Kecamatan Lingga Utara sebab berusaha mendesain segi struktur dan pola bangunan serta sesi acara menyerupai tingkat Kabupaten. Meski berada ditengah kampung denga luas area yang tidak begitu besar namun berhasil menata Astaqa dengan baik.

“Tadi saya berbincang-bincang dibelakang, bahwa disini memang luar biasa. Pelaksananya seperti terasa di tingkat Kabupaten,” kata M Nizar.

Disamping itu, kepada dewan hakim terpilih dia berharap agar lebih selektif dalam manilai. Hal ini dipandang perlu sebab mengingat keberhasilan qori-qoriah ini sebagai langkah awal Kabupaten Lingga dalam menyiapkan pesta di tingkat Provinsi maupun Nasional. Ditambah lagi, dengan penilaian yang benar dari dewan hakim juga menjadi bagian bagi Kabupaten Lingga menyiapkan qori-qoriah terbaik pada MTQ tingkat provinsi tahun 2018 di Kabupaten Lingga.

“Kepada dewan hakim supaya tidak tebang pilih. Saya yakin dan percaya dewan hakim pasti sel dalam menilai. Dimana kita ketahui tahun 2018 Kabupaten Lingga ditunjuk sebagai tuan rumah MTQ tingkat provinsi. Untuk itu, ini sebagai langkah awal persiapan dan harapan agar Kabupaten Lingga mendapat prestasi yang baik. Harapan ini harapan kita semua. Kepada adek adek kami supaya dapat mengikuti dengan baik dann mudhan menjadi qori dan qoriah yang baik,” paparnya. (mk/arp)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.