Tak Hanya Indonesia, Malaysia Juga Sibuk Sambut Raja Salman

Saudi King Salman waves before his trip to Jeddah, in Riyadh, Saudi Arabia May 9, 2016. Saudi Press Agency/Handout via REUTERS
Saudi King Salman waves before his trip to Jeddah, in Riyadh, Saudi Arabia May 9, 2016. Saudi Press Agency/Handout via REUTERS

MARWAHKEPRI.COM,  KUALA LUMPUR – Kunjungan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al-Saud ke Asia tak hanya disambut Indonesia tapi juga oleh Malaysia. Universitas di Malaysia bahkan akan memberikan gelar doktor kehormatan kepada Raja Salman.

Pemerintah Malaysia mengklaim, kunjungan Raja Salman ke Kuala Lumpur akan berlangsung mulai besok.

Perdana Menteri Malaysia  Najib Razak mengatakan Malaysia merasa terhormat ketika Raja Salman memilih Malaysia sebagai lokasi kunjungan pertamanya ke sebuah negara Islam di wilayah Asia. Najib melalui akun Facebook-nya mengatakan Malaysia dan Saudi berbagi ikatan spiritual sejak berabad-abad.

Najib juga mencatat bahwa perdagangan bilateral antara Saudi dan Malaysia telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir. ”Hari ini, Arab Saudi adalah salah satu mitra dagang terbesar kami,” kata Najib.

Menurutnya, Malaysia menerima rekor tinggi lebih dari 100.000 kunjungan warga Saudi pada tahun lalu. ”Kami juga bangga bahwa Arab Saudi dan Malaysia telah bekerja sama begitu kuat untuk mempertahankan kesejahteraan, dan memberikan kepemimpinan untuk umat,” ujar Najib, seperti dikutip The Star, Sabtu (25/2/2017).

”Komitmen bersama yang kuat kami untuk memerangi ekstremisme didirikan pada keyakinan kami dalam sifat Islam toleran, moderat dan damai yang otentik,” papar Najib.

Selama Raja Salman melakukan kunjungan empat harinya di Malaysia, perusahaan terbesar kedua negara, Aramco dan Petronas akan meneken beberapa perjanjian baru.

Pada hari Senin nanti, Raja Salman dan Najib dijadwalkan bertemu. Raja Salman juga akan mengunjungi International Islamic University Malaysia, di mana Raja Salman akan dianugerahi gelar doktor kehormatan.

Malaysia juga berharap kunjungan Raja Salman kali ini akan meningkatkan kuota haji Malaysia.