Desa Berindat Harapkan Usulan Musrenbang Direalisasi

Wisata Pemandian Panas udara, desa Berindat.  (Foto.net)
Wisata Pemandian Panas udara, desa Berindat.
(Foto.net)

Lingga (marwahkepri.com) – Pemerintah desa Berindat memprioritaskan pembangunan jalan tembus dari Berindat menuju wisata air panas. Wacana ini diutarakan pada Musrenbang Kecamatan Singkep Pesisir beberapa waktu lalu, dengan alasan mempersingkat jarak Berindat ke objek wisata pemandian air panas sebagai bagian wisata desa Berindat.

Kades Berindat, Idris ketika ditemui membenarkan hal tersebut. Dia katakan pada Musrenbang Kecamatan Singkep Pesisir beberapa waktu lalu, dia telah menyampaikan 3 pembangunan untuk desa. Prioritas 3 usulan ini masuk dalam Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPUPR-PKP) Kabupaten Lingga.

“Pertama pembangunan gedung SMPN 2 Singkep Pesisir, Pembangunan jalan tembus Batu Putih-Sergang dan prioritas pelebaran, pengerasan dan pengaspalan jalan tembus wisata Berindat ke Batu Hitam, Air Panas,” paparnya, Kamis (23/02).

Wacana diusulkan jalan tembus tersebut mengingat wisata air panas masuk wilayah desa. Terbangunnya akses tersebut guna mempercepat perjalanan. Dia berharap pada usulan yang disampaikan di Musrenbang 2017 ini dapat di perhatikan direalisasi oleh pemerintah daerah.

“Kalau tak dibangun, misal ada tamu desa yang mau ke wisata kita. Kita harus berputar lewat Dabo, Sungai Lumpur masuk PLN sana baru sampai pemandian air panas, kalau ada jalan dari sini lebih dekat,” paparnya.

Begitupun pengelolaannya dia berharap demi meningkatkan PADes, pihak Pariwisata Kabupaten Lingga hendak mengembalikan aset desa tersebut ke pihak desa. Karena begitu, upaya ini selain alasan cepat menyerap ekonomi masyarakat juga desa memiliki penghasilan dari wisata. Sebagaimana diketahui wisata pemandian air panas sudah pupoler dikalangan masyarakat Lingga, hanya tinggal giat promosi ke pihak luar.

“Kita berharap Pemda juga ada kebijakan. Kalau dikembalikan kita bisa buat ini suatu penghasilan desa,” lanjutnya.

Selain itu usulan juga disampaikan mengenai jalan tembus Batu Putih – Sergang. Terbangunnya jalan tersebut demi tumbuhnya perekonomian masyarakat selain sebagai jalan pendidikan sebab dilokasi tersebut juga akan direncanakan berdirinya gedung SMPN 2 Singkep Pesisir. (mk/arp)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.