Wahh ? ? ? 1500 an Siswa Lokalnya Cuma 15

sd 066

BATAM (MK) – Sekolah Dasar Negeri 06 Sei Beduk yang terletak di Mangsang kelebihan kapasitas dan kekurangan guru.

Pasalnya, SDN 06 Sei Beduk ini mempunyai 1500 an murid dan hanya memiliki 26 guru, sedangkan untuk ruang kelasnya hanya 15 lokal, hal ini menyebabkan pihak sekolah harus mengambil tindakan yang tepat.

sd 06

Dengan murid yang tidak sebanding dengan ruang kelas, siswanya terpaksa masuk dalam dua shift.

“Ya terpaksa harus ada shif pagi dan shif siang,”ujar Marya Subiarti salah satu guru SDN 06 Sei Beduk saat ditemui marwahkepri.com diruang kerjanya Selasa, (21/2).

Dikatakannya harusnya ada 5 rombangan belajar namun dipadatkan menjadi  4 rombangan karena keterbatasn ruangan, hal itu membuat kapasitas lokal jadi berlebih dan kebanyakan jumlah muridnya diatas 40 orang.

“Kelas satunya ada 58 satu lokal, dan siangnya lagi masuk 56, karena shif an, jadi murid saya kelas satu ada 114,”ujar salah satu guru.

“Kalau tidak kita terima, anak sekolah mau ditarok dimana,”tambah bu Marya.

Sebelumnya mereka juga telah mengajukan proposal ke Dinas Pendidikan untuk penambahan lokal 3 tahun yang lalu, namun saat itu pihak Dinas Pendidikan meminta mereka untuk bersabar, dan sampai saat ini belum ada tindakan dari pihak terkait.

Mereka juga berharap ada pembangunan sekolah lagi di lingkungan Mangsang karena untuk SDN 06 Sei Beduk sebenarnya sudah kelebihan kapasitas.

sd 0666

Tahun 2016 lalu pihak sekolah telah melakukan pengurangan terhadap jumlah siswa yang akan mendaftar, mereka menerapkan aturan sesuai kursi, namun banyak para orangtua yang protes agar anaknya bersekolah ditempat itu.

Selain itu mereka juga mengeluhkan banjir yang sering terjadi jika sudah musim penghujan.

“Banjir juga sering, kalu hujan sampai satu jam, biasanya akan banjir dan anak sekolah pun akan kami percepat pulang,’tutupnya.(mk/mun)

 

 

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.