Hati-Hati , Tiap Tahun Korban Calo Masuk PTN Favorit Selalu ada

2

MARWAHKEPRI.COM, Jakarta – Kalangan perguruan tinggi negeri (PTN) mewanti-wanti orang tua dan siswa agar tidak terperdaya bujukan calo terkait proses seleksi masuk. Pasalnya, setiap proses penerimaan mahasiswa baru khususnya fakultas favorit selalu terjadi transaksi antara pihak calon mahasiswa dengan oknum yang memanfaatkan keuntungan.

“Bagi orang tua murid hati-hati bila ada yang mengaku bisa meloloskan anak anda ke fakultas favorit. Kejadian ini selalu terjadi setiap tahun, dan sangat kami sesalkan karena orang tua sudah terlanjur menyetorkan dana ke calo PTN,” jelas Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (UGM) Muhammad Waziz Wildan dalam seminar pendidikan BTA Group bertajuk ‘Informasi Akurat, Kunci Sukses Diterima PTN’ di Jakarta, Senin (20/2).

Menurut Wildan, di UGM sendiri tidak ada biaya lain yang harus dibayarkan calon mahasiswa selain yang telah ditetapkan pihak universitas dan diumumkan secara terbuka. Trik para calo adalah mengatakan kepada orang tua bahwa sang anak akan diterima di kelas transisi. Padahal UGM tidak mengenal calon mahasiswa diterima secara cadangan atau kelas transisi.

“Jangan percaya kepada orang yang mengaku bisa memasukkan putra-putrinya di UGM. UGM hanya menerima mahasiswa di semester gasal atau ganjil, Agustus,” ujarnya.

Imbauan serupa disampaikan Dosen Fakultas Peternakan Univeristas Padjajaran (Unpad) Denie Heriadi. Menurutnya, praktik percaloan di PTN sudah lama terjadi dan selalu berlangsung tiap tahun. Biasanya para calo mengaku kenal dengan dekan dan bisa memasukkan calon mahasiswa ke fakultas favorit dengan syarat wajib menyetorkan uang.

“Jangan pernah percaya dengan calo yang menjanjikan bisa menyiapkan soal untuk masuk PTN. Atau malah menjanjikan bisa memasukkan anak ke PTN. Itu bohong semua,” tandasnya.