Polsanak : Pengenalan Berlalu Lintas Untuk Usia Dini

polsanak

BATAM (MK) – Satlantas Polresta Barelang mengadakan kegiatan rutin Polisi Sahabat Anak ( Polsanak ) dan persiapan operasi simpatik 2017, Senin (20/2).

Kegiatan Polsanak itu dilakukan di TK Islami Jami Baloi Centre untuk menyampaikan pendidikan bidang lalu lintas pada anak usia dini, pengenalan rambu dan etika dijalan raya.

Untuk kegiatan ini biasanya dilakukan sekali seminggu pada sekolah – sekolah, Toni R.N Wakasat Lantas Polresta Barelang mengatakan sebelumnya pihak sekolah terlebih dahulu menyurati untuk mengadakan kunjungan, baru kemudian dijadwalkan.

Walau masih anak TK, Toni mengatakan akan memberikan pengenalan bagi anak – anak usia dini pendidikan lalu lintas. Karena usia dini juga merupakan waktu yang bagus untuk pengenalan tata tertib berlalu lintas.

“Minimal mereka tahu lampu merah, rambu – rambu lalu lintas, tahu etika berkendara dan bisa menghimbau orangtuanya, misalnya untuk pake helm,”ungkapnya.

Selain itu mereka juga sedang persiapan untuk Operasi Simpatik, yaitu operasi tahunan yang tujuan utamanya adalah pencitraan kepada masyarakat.

Dalam Operasi Simpatik ini, dijelaskan Toni, tindakan lebih banyak kepada simpatik, biasanya 80% berupa teguran dan 20% berupa tilang.

Kegiatan selain razia, nantinya mereka juga akan sosialisasi bidang lalu lintas melalui spanduk banner, media sosial atau pembagian bunga dan helm untuk para pengendara.(mk/mun)