Puskesmas Serasan Kehabisan Stok Obat

IMG-20170214-WA0011
Puskesmas Serasa

Natuna (Marwahkepri.com) – Puskesmas Serasan, Kecamatan Serasan, kehabisan stok obat. Akibatnya, pasien di pulau perbatasan tersebut tidak mendapatkan pengobatan sebagaimana mestinya.

Salah satu warga setempat, Yulham (48) mengeluhkan semakin buruknya kondisi layanan kesehatan di Pusekesmas tersebut.

“Datang ke Puskesmas selalu jawabannya obat habis, kondisi layanan Puskesmas semakin buruk, kami yang sakit terus bagaimana?  ” kata Yulham, Senin kemarin (16/02).

Yulham mengaku, ia telah lama menderita sakit didalam perutnya, namun hingga saat ini belum mendapatkan pengobatan.

Kepala Puskesmas Serasan, Drg.Human Abdian, tidak menampik kekosongan obat di Puskesmas yang dipimpinnya itu. “Kita akui saat ini Stok Obat habis, Kami dituntut layanan kepada Masyarakat sementara jumlah kiriman obat tidak mencukupi ” kata Abdian.

Menurut Abdian terhambatnya distribusi obat dikarenakan terbentur pada aturan dan paktor cuaca.

“kita sudah minta tetapi tidak bisa dikelurkan oleh Gudang Obat alasan mereka menunggu surat permintaan dari Dinas Kesehatan”. Kata Abdian.

Meski seperti itu Abdian mengaku mereka tidak menyerah dengan kondisi sekarang.

“jika sipatnya mendesak kami berinisiatif menggunakan dana OP, tetapi kami juga khawatir OP habis,  jalan satu – satunya kita mengharapkan JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) itupun belum bisa memenuhi kebutuhan”. Katanya.

Menurut Abdian untuk membeli obat dari luar mereka tetap berkoordinasi dengan Gudang Obat, masalah lain juga seperti persediaan Oksigen yang sekarang habis mereka telah melakukan pemesanan ke Kalimantan namun terkendala cuaca.

“tabung oksigen yang kita pesan belum ada karena pompong masih di Pemangkat tidak bisa berangkat akibat cuaca buruk, sementara tiap hari ada saja pasien rawat inap yang masuk, karena kami disini sudah ada rawat inapnya ” kata Abdian.

Ia juga mengatakan akibat dari keterbatasan obat biasanya banyak pasien harus dirujuk ke daerah lain tetapi saat ini cuaca buruk tidak memungkinkan untuk dirujuk ke luar daerah.

“Obat yang banyak dibutuhkan saat ini adalah Obat hivertensi, kolestrol, obat strok dan jantung ” katanya. (mk)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.