Wakasat : Daftar Secara Online Lebih Mudah

toni wakasat

BATAM (MK) – Antusis masyarakat Batam dalam pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) dari tahun ke tahun mengalami peningkatan. Dari pantauan marwahkepri.com dilapangan, masyarakat yang sedang membuat SIM pada tertib menunggu giliran. Selain itu, didepan gedung Polresta Barelang juga tampak beberapa para pengendara yang sedang menjalani ujian mengemudi.

“Dari tahun ke tahun orang yang membuat SIM memang bertambah, mungkin salah satu faktornya adalah karena bertambahnya pendatang ke Batam,”ujar Toni R.N selaku Wakasat Lantas saat ditemui diruangannya (13/2).

Untuk pembuatan SIM, dia menjelaskan belum bisa membuat SIM dengan KTP luar Batam, karena untuk pembuatan SIM baru dasarnya adalah harus KTP setempat. Tetapi dia menambahkan bahwa untuk perpanjangan SIM sendiri bisa dengan KTP dari daerah manapun seluruh Indonesia.

Menjawab pertanyaan tentang kekosongan Blanko KTP, Toni mengatakan untuk mereka yang sudah mempunyai surat pengantar dari Kecamatan bisa membuat SIM jika NIK nya sudah tertera.

“Yang penting dasar dari kami melakukan pembuatan SIM, input data, aplikasi dan NIK aja,”jelasnya.

Dikatakannya, dalam pembuatan SIM sekarang memang sudah bisa secara online, namun meskipun begitu kebanyakan masyarakat masih lebih memilih untuk mendaftar secara langsung.

Menurut Toni, alasan mengapa mereka lebih memilih mendaftar secara langsung adalah karena mereka kemungkinan merasa sibuk untuk membuat akun – akun, harus memakai android dengan aplikasi – aplikasi yang harus didownload, dan itu membuat mereka merasa terlalu sibuk.

“Teknologi sekarang kan sudah maju, kalau daftar secara online kan bisa dari mana saja, nanti tinggal bawa syaratnya aja dan verifikasi,”tutupnya.(mk/mun)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.