Tahun ini KBHI Sepanjang Hayat akan perdana

zakaria

 

BATAM (MK) – Salah satu Organisasi Masyarakat (Ormas) Islam Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kota Batam meluncurkan Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Sepanjang Hayat di Kota Batam. KBHI ini berperan penting dalam memberikan pemahaman dan bimbingan manasik calon jemaah haji.

Selain itu, mereka juga akan memberikan pembelajaran kepada calon jemaah haji tentang teori dan praktek kegiatan ibadah haji selama berada di Mekkah dan juga budaya dan kebiasaan masyarakat Arab.

“Kita akan menjadikannya sebagai jemaah yang mandiri, kalau misalnya dia tertinggal dari rombongan, dia akan tahu sendiri jalan untuk pulang, karena sebelumnya sudah dipelajari bagaimana lokasi Mekkah secara detail,”ungkap Zakaria selaku Sekretaris KBHI Sepanjang Hayat.

Disebutkannya, dalam pelaksanaannya di lapangan, jemaah haji reguler biasanya dibedakan menjadi dua kelompok besar, jemaah haji mandiri dan jemaah yang ikut KBIH. Jemaah mandiri adalah jemaah yang dikelola langsung oleh Kantor Kemenag (Kementrian Agama) dari awal, mulai dari bimbingan manasik hingga pelaksanaan di tanah suci. Sementara jemaah KBIH adalah jamaah yang ikut bimbingan KBIH.

Untuk biaya daftar sendiri, sesuai  amanah dan undang – undang yang telah ditetapkan oleh pemerintah, KBHI dilarang memungut biaya diatas Rp.3,5 juta, namun dengan segala pertimbangan yang dilakukan oleh KBHI Sepanjang Hayat,  akhirnya mereka hanya memungut Rp.1.600.000 untuk 15 kali pertemuan, namun Zakaria berpendapat kalau nantinya masih akan nada bonus tambahan.

Meskipun begitu, uang yang Rp.1,6 juta tersebut nantinya juga akan digunakan untuk membayar narasumber yang profesional, untuk biaya sewa ruangan, membeli snake dan lain – lain.

“Alhamdulillah tahun ini kita akan paket perdana, tanggal 18 Februari nanti kita akan mulai Bimbingan di Asrama Haji,”tutupnya(13/2).(mk/mun).

 

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.