Kasihan, Mengikuti Ibunya Sejak Lahir Bayi Ini Jadi ‘Penghuni’ Lapas

2

MARWAHKEPRI.COM – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Perempuan kelas IIA Bandar Lampung ternyata tidak hanya diisi para napi perempuan.

Di lapas ini juga terdapat tiga bayi. Bayi tersebut dilahirkan oleh ibunya di dalam lapas.

Kepala Lapas Perempuan Kelas II A Bandar Lampung Sri Astiana mengatakan, saat ini memang ada tiga bayi yang tinggal bersama ibunya di dalam lapas.

“Tiga bayi ini tinggal bersama ibunya. Ketiga bayi ini bisa berada di dalam lapas sampai usia 2 tahun,” kata Asti, Jumat (10/2/2017).

Ia mengatakan, bayi yang dilahirkan di dalam lapas tersebut memang bawaan dari ibunya yang masuk lapas sudah hamil.

“Memang narapidana yang masuk lapas kebetulan hamil sehingga melahirkan di dalam lapas,” tambahnya.

Ketiga bayi ini berusia berbeda. Ada yang satu tahun empat bulan dan ada juga dua bayi yang usianya hampir sama sekitar tiga bulan.

“Tiga bayi ini yang satu usia satu tahun empat bulan dan yang dua usia tiga bulan,” katanya.

Menurut Asti, bagi napi yang memiliki bayi di dalam lapas tentunya diberikan kekhusussan.

“Kalau yang memiliki bayi temtunya tidak mengikuti kegiatan yang sama seperti lain. Hanya beberapa yang diikuti seperti keagamaan. Sebab mereka ini mengurus bayi jadi harus berbeda,” imbuhnya.

Kamar napi yang memiliki bayi ini juga dibedakan, mereka dijadikan satu sesama bayi. “Ada satu kamar untuk napi yang memiliki bayi,” ujarnya.

Diteruskan dia, meski bayi boleh di dalam lapas sampai usia 2 tahun, namun jika keluarga pemilik bayi ingin mebawa pulang diperbolehkan.

Pihaknya juga selalu siaga jika ada napi yang sedang hamil.

“Kami ada periksa kesehatan, satu kali periksa USG dan di bidan yang memang sudah bekerja sama dengan lapas wanita,” pungkasnya.

Print Friendly, PDF & Email