Kalau Tanah Sekolah Tak Ada, Tapi Kalau Perumahan Kenapa Ada! Warga Sekupang Curhat ke Walikota

5

MARWAHKEPRI.COM , BATAM– Masyarakat Sekupang meminta Pemko Batam menambah pembangunan sekolah, mulai dari tingkat Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas di kawasan tersebut. Harapan ini disampaikan warga dalam kegiatan silaturahmi Wali Kota Batam dengan masyarakat Sekupang bertempat di Tiban Indah, Minggu (12/2/2017).

“SD ini untuk anak-anak kami di Kampung Karyawan. Kami minta dibangun SD. Alasannya tak ada tanah. Tapi sekarang ada tanah sudah diratakan, untuk apa? Kalau untuk perumahan, kok bisa dapat tanah?,” kata perwakilan warga Tanjungpinggir, Miryani dalam rilis yang diterima Tribun.

Sementara pembangunan sekolah menengah pertama diminta warga Kelurahan Patam Lestari, Tanjungriau, dan Tiban Lama. Warga Tiban Lama mempertanyakan alasan tidak jadinya rencana pendirian SMPN 56 di lingkungan tersebut.

Menanggapi hal itu, Wali Kota Batam, Rudi mengatakan, untuk pembangunan SMPN 56 belum jadi dilaksanakan.Lantaran ketidaktersediaan anggaran.

“Untuk SMP di Tanjungriau, Pak Naryo, kalau boleh cari lokasi yang datar jadi anggaran yang ada bisa untuk pembangunan sekolahnya. Kalau di gunung, berbukit-bukit, harus diratakan lagi,” kata Rudi.

Sedangkan SMP di Patam Lestari, masyarakat mengaku sudah ada lahan seluas lapangan bola.Namun Rudi berharap luasnya bisa lebih besar agar pembangunan bisa direncanakan untuk kebutuhan beberapa tahun mendatang.

“Kalau lapangan bola itu berarti 110×70, kalau itu cukup. Kurang dari itu tak boleh, karena kita harus berpikir panjang. Kalau boleh 10000 meter ke atas. Kita siapkan untuk 10-20 tahun ke atas,” ujar dia.

Warga Tiban Mentarau juga meminta pembangunan SMA kepada Rudi dalam kegiatan silaturhami tersebut. Menanggapi pembangunan SMA itu, Rudi mengatakan, itu sudah tidak menjadi kewenangan Pemko Batam lagi.

Namun sudah dialihkan menjadi wewenang Pemerintah Provinsi Kepri sesuai amanah Undang-undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. (*)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.