Jalan Nyaris Ambrol, Akses Jalan Menuju Timor Leste Ditutup

8

marwahkepri.com– Hujan deras yang terjadi dalam sepekan terakhir ini di Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Nusa Tenggara Timur (NTT), menyebabkan longsor pada jalan raya di ujung jembatan Oemanu, Desa Ponu, Kecamatan Biboki Anleu. Akibatnya akses jalan menuju daerah sekitar dan Distrik Oekusi, Timor Leste ditutup.

Komandan Rayon Militer (Danramil) 1618-06/Biboki Anleu Kapten Infanteri Ribut Dima mengatakan, longsor yang terjadi pada kamis (9/2/2017) malam sekitar pukul 21.30 Wita itu, mengakibatkan kendaraan tidak bisa melintas lantaran bolong pada bawa aspal dan nyaris ambrol.

“Tadi malam sudah dipasang police line di sekitar lokasi longsor, untuk mengantisipasi adanya korban,”kata Dima kepada Kompas.com, Jumat (10/2/2017) pagi.

Menurut Dima, jembatan Oemanu yang terletak di antara Desa Oemanu dan Desa Ponu ini merupakan satu – satunya akses penghubung dan jalur lalu lintas kendaraan dan orang dari Dili (Timor Leste) – Motain, Atambua, menuju Wini – Kefamenanu dan Distrik Oekusi (Timor Leste), sehingga terjadi longsor ini mengakibatkan jalur lintas negara putus.

Untuk jalur alternatif lanjut Dima, bisa melewati bawah jembatan (kali), namun arus banjir masih deras, sehingga untuk sementara tidak bisa digunakan.

Sementara itu kata Dima, warga yang melakukan aktivitas jual barang ke pasar, terpaksa melakukan tindakan estafet barang dari ujung jembatan menuju seberang untuk selanjutnya dibawa dan dijual ke pasar.

“Saat ini kami masih berkoordinasi dengan Camat Biboki Anleu untuk melaporkan ke dinas terkait guna melakukan upaya – upaya darurat. Kita juga mengarahkan kendaraan, baik itu roda dua maupun empat agar tidak melewati jembatan itu,” kata Dima.

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.