AN : Jangan Selalu Menyalahkan Pemerintah Daerah

LPG

BATAM (MK) – Perkembangan Batam yang begitu signifikan ditambah dengan  jumlah pendatang yang begitu tinggi membuat kebutuhan akan gas LPG subsidi bertambah dari tahun ke tahun. Sedangkan acuan yang dipakai untuk kebutuhan gas sampai sekarang masih menggunakan  acuan lama yaitu sekitar 240.000 paket perdana.

Sesuai Perpress 104 tahun 2007, yang berhak mendapatkan LPG 3kg adalah rumah tangga dan usaha mikro.

“Perlu diketahui bahwa yang berhak mendapatkan Gas LPG 3 kg adalah mantan pemakai minyak tanah dan yang berpendapatan Rp.1.500.000,”ujar  AN salah satu pegawai Disperindag saat ditemui Marwahkepri.com di ruang kerjanya (7/2).

Menurutnya, Jika tetap disesuaikan dengan  Perpress 104 tahun 2007, maka untuk di Batam sendiri tidak akan sesuai, karena Upah Minimum Kota (UMK) saja sudah melebihi angka tersebut dan sampai sekarang peraturannya belum diubah.

“Berdasarkan data dari bagian perekonomian,kalau tidak salah jumlah penduduk miskin di Batam hanya sebesar 50.000 – 60.000 KK, dan merekalah yang notaben pengguna real untuk gas LPG 3kg itu,tapi faktanya 80-90 persen penduduk Batam tetap memakai LPG 3kg,”lanjutnya.

Dikatakannya, kelangkaan gas LPG 3kg memang sering terjadi di beberapa tempat di Batam, namun sebenarnya bukan karena pasokan yang berkurang, tetapi bisa saja karena upaya penataan distribusi yang dilakukan pemerintah pusat ketingkat agen.  Jalur Distribusi LPG 3kg tersebut adalah dari Debot LPG  – SPPBE – Agen LPG – Pangkalan LPG – Konsumen.

Selain itu, kelangkaan bisa terjadi karena Suplay berkurang,  permainan beberapa oknum tertentu dan pengguna yang tidak terverifikasi membeli gas LPG dan menjuanya kembali.

“Jangan semuanya terus disalahkan pada Pemerintah Daerah, Pemerintah daerah itu sudah sangat berupaya namun terkendala oleh beberapa wewenang,”ujarnya.

Dia mengatakan untuk razia pernah mereka lakukan tetapi mereka tidak bisa langsung turun saja kelapangan karena ada batasan wewenang mereka, sedangkan yang berwewenang penuh tersebut adalah Badan Pengatur Hilir (BPH) yang dipusat.(mk/mun).

 

 

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.