09-02-1972: AS Parkirkan Tiga Kapal Induk di Pantai Vietnam

2

MARWAHKEPRI.COM – Hari ini 45 tahun silam. Kapal induk Amerika Serikat, USS Constellation bergabung dengan kapal induk lainnya, Coral Sea dan Hancock, di lepas pantai Vietnam. Ketiganya telah beroperasi sejak 1964 hingga 1975, sebagai bagian dari pendukung operasi militer dalam Perang Vietnam.

Mengutip situs History, ketiga kapal induk ini berpartisipasi dalam pemboman Vietnam Utara serta memberi dukungan serangan udara dekat pasukan AS bersama Vietnam Selatan. Usai tiga kapal induk bergabung, pada Maret 1972, serangan AS terhadap Vietnam Utara semakin meningkat.

AS memainkan peranan dalam melancarkan serangan udara dengan mengirim 30 unit pesawat tempur untuk membombardir Vietnam Utara. Namun, usaha itu sia-sia, karena operasi udara yang awalnya mendukung Vietnam Selatan, justru membuat sekutunya terjerembap dalam kekalahan.

Perang ini berkesudahan dengan kekalahan telak AS pada 1975. Vietnam Selatan kehilangan 293.729 jiwa, sedangkan militer AS sebanyak 58.209 jiwa. Adapun jumlah korban tewas dari Vietnam Utara mencapai 601.100 jiwa.

Sebelumnya, hari ini tujuh tahun lalu, Presiden AS Lyndon Baines Johnson, memerintahkan pengiriman pasukan pertamanya dari batalion rudal pertahanan udara Marinir ke Da Nang, Vietnam. Pengiriman ini bertujuan untuk melindungi pangkalan udara milik Negeri Paman Sam di sana.

Pihak Vietnam Utara, yang merasa dirugikan karena AS ikut campur, kemudian meminta bantuan kepada Uni Soviet. Jadilah Perang Vietnam sebagai ajang pertaruhan politik, ideologi, dan juga kehormatan bangsa sebagai dua negara adikuasa kala itu.

Vietnam Selatan didukung penuh Sekutu AS yaitu Australia, Korea Selatan, Australia, Selandia Baru, Thailand, dan Filipina. Sementara itu, Vietnam Utara didukung oleh Uni Soviet, China, dan Korea Utara