BP Batam Gelar Konferensi Pers Terkait Pengelolaan Air dan Limbah

DSC_0780

BATAM (Marwahkepri.com) – BP Batam mengadakan Konferensi Pers terkait Pengelolaan Air dan Limbah & Direktorat Pengamanan di ruang Marketing Centre (7/2).

Konferensi Pers itu dihadiri oleh Deputi 4 Purba Robert M.Sianifar, Nasrul Kasubdib Pengamanan Aset, Budi Wakil Ketua Tim Terpadu dan Binsar Tambunan.

Dalam Konfrensi Pers yang langsung dibuka oleh Robert tersebut, dia menjelaskan bahwa Bendungan dan Waduk Tampungan Air (BAKU) sekarang ini ada di enam lokasi, total kapasitas tampungannya 146,58 x 10 M3 dapat menghasilkan air bersih 4.420 lt/s.

Menurut data mereka, Master Plan 1991 dapat memenuhi kebutuhan air untuk 1.000.000 orang dan industri 40 M3/Ha/hari. Dan untuk kebutuhan air per-orang Standart WHO 200 lt/hari dan Kemen PUPRT minimal 60 lt/hari. Untuk tahun 2015 sendiri pemakaian air per-kapita rata-rata 199 lt/hari.

Dikatakannya, dalam hal ini, walupun pemerintah dari waktu ke waktu melakukan upaya Penertiban terhadap Kegiatan Ilegal tanpa peran masyarakat sangat sulit untuk mendapatkan jaminan kelangsungan penyediaan air yang berkualitas dengan jumlah yang cukup.

Menurutnya permasalahan dan tantangan daerah tangkapan air dan lingkungan waduk salah satunya adalah sangat buruknya kondisi daerah tangkapan air dan waduk, pendangkalan waduk akibat erosi dan perubahan iklaim.

Untuk itu mereka akan melakukan rencana kerja 2016 – 2020 mendatang dengan membersihkan Eceng Gondok, pembangunan WTP Waduk Tembesi 600 lt/det.

Mereka juga akan memberikan pengamanan daerah tangkapan air waduk dengan Perka 1 Batam dan penempatan/patroli petugas rutine. Penghijauan, pemagaran dan pemutusan jalan masuk ke DTA dan waduk juga menjadi prioritas untuk rencana kerjanya.(mk/mun)

 

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.