Truck Muatan Kayu Akhirnya Lepas Bersama RoRo Menuju Batam

Lingga, (Marwahkepri.com) – Truk bermuatan lebih kurang 6 ton kayu tanpa dokumen lengkap tujuan Batam melenggang masuk ke lambung kapal Roro, Kamis (02/02) malam. Sebelumnya truk tersebut sempat ditahan pada Selasa (30/01) malam oleh pihak Dishub Lingga dalam operasi pengecekan kelengkapan dokumen surat dan barang-barang seluruh penumpang kapal Roro di Pelabuhan Roro Jagoh.

Hal tersebut dibenarkan Yusrizal, Kadishub perhubungan saat dijumpai diruang kerjanya. Dia katakan pelepasan truk tersebut dikarena telah melengkapi beberapa dukumen yang semula tidak lengkap sewaktu penangkapan.

“Kayunya sudah dicek tim khusus kehutanan tidak ada masalah. Jadi truknya yang tidak ada buku KIR, SNTK, dan kartu pengawas angkutan barang. Kayu tidak ada masalah karena merupakan kayu yang juga pernah ditahan di Polres Lingga sebelumnya,” kata dia, Jum’at (03/02).

Dia katakan, setelah dilengkapi dan diuji kelengakapan ternyata tidak ada masalah. Sementara untuk kartu pengawas yang juga tidak dilengkapi pemilik Truck, oleh pihaknya melakukan kontak via telpon ke Dishub kota Tanjungpinang sebagai tempat Truk tersebut berasal.

“Ada pengujian KIR di Dabo. Tidak ada masalah. Untuk kartu pengawas kita hubungi Dihub asal truk. Kalau tak salah dari Tanjungpinang. Setelah dihubungi kita kasih tau kalau kartu pengawasnya tidak ada, selesai masalah. Jadi dilepaskan tadi malam,” ujarnya.

Sebagaimana diketahui sebelumnya saat melakukan pengecekan apad Selasa malam Kadishub Lingga menemukan satu buah Truck yang tidak memiliki dokumen kelengkapan kendaraan, seperti KIR, stiker uji dan lainnya. Begitu juga dokumen dari barang kayu olahan yang dimuat didalam Truk. Oleh sebab itu Truk tersebut ditahan selama beberapa hari sambil pemiliknya melengkapi segala dukumen.

Perihal pelepasan Truck ini, mengundang tanya masyarakat. Dengan proses penyelesaian yang sangat cepat menimbulkan dugaan permainan.

Seorang warga Dabo, “Nn” mengatakan sikap heran sebab dalam hitungan hari Truck tersebut dinyatakan bebas. Padahal saat penangkapan oleh Dishub Lingga jelas-jelas dukumen kayu tidak dilengkapi. Bukan menuding salah, namun menurutnya kegiatan ilegal logging sangat marak terjadi di Lingga tentunya hal ini terjadi juga ada dugaan backingan.

“Saya benar-benar heran dengan kejadian ini Lori bermuatan balok yang di amankan Dinas Perhubungan beberapa hari lalu tidak mudah di berangkatkan namun faktanya sekarang sudah sampai batam,” ungkapnya, Jum’at (03/02). (MK/arp/zul)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.