Olimpiade 2020 akan digelar di Tokyo, Jepang.

Marwahkepri.com –  Olimpiade 2020 akan digelar di Tokyo, Jepang. Pemerintah Negeri Matahari Terbit ini pun memiliki ide untuk membuat medali olimpiade yang digarap dari daur ulang perangkat gadget.

Sebagai salah satu negara berteknologi maju, Jepang juga dikenal sebagai negara yang memiliki upaya daur ulang yang sangat tinggi. Karenanya, tidak heran bila mereka ingin mendaur ulang perangkat gadget menjadi medali.

Seperti dikutip detikINET dari Ubergizmo, Jumat (3/2), panitia Olimpiade memutuskan bahwa mereka akan menempa medali Olimpiade dan Paralympic Tokyo 2020 dari hasil daur ulang ponsel. Mereka pun berharap bisa mengumpulkannya sampai tepat waktu tiga tahun kemudian.

Panitia Olimpiade ini menargetkan dua ton emas, perak, dan perunggu dari hasil daur ulang ponsel tersebut. Ide ini sebenarnya sudah dicanangkan sejak tahun 2016 lalu. Namun, kini rencana sudah mencapai hasil akhir.

Ini bukan pertama kalinya sebuah medali dibuat dari hasil daur ulang. Di tahun 2010 lalu, di kala Olympic Games Vancouver, panitia menciptakan medali dari hasil daur ulang papan sirkuit. Meskipun demikian Olimpiade Tokyo ini menjadi pertama yang berencana membuat semua medali emas dari hasil daur ulang. (mk/as/di)

 

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.