Menteri Pariwisata : Soekarno-Hatta akan masuk 50 Bandara terbaik di dunia

6

MARWAHKEPRI.COM, Jakarta – Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya menargetkan Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang dapat masuk deretan 50 besar dunia. Saat ini, Bandara Soetta tengah berkompetisi dengan bandara lain di dunia dalam ajang Skytrax World Airport Awards 2017.

Dia mengungkapkan, pada tahun lalu Skytrax menetapkan Bandara Soetta masuk dalam jajaran The World’s Top 100 Airports dengan peringkat 63. Tahun ini dia berharap Bandara Soetta dapat masuk papan 50 terbaik dunia.

“Siapa yang tidak bangga jika Bandara Internasional Soekarno Hatta Jakarta lolos ke papan 50 besar dunia? Apalagi bisa lebih fantastis di 40 atau 30 terbaik dunia? Pamor Jakarta, ibu kota Republik Indonesia akan semakin berkibar. Nama Indonesia, negara dengan 250 juta penduduk ini akan semakin diperhitungkan di level global,” katanya, Kamis (2/2/2017).

Arief mengaku memiliki alasan mengapa Bandara Soetta pantas masuk deretan 50 besar bandara terbaik ddunia. Pertama, bandara tersebut telah memenuhi standar kualitas layanan yang dipersyaratkan di ajang tersebut.

“Salah satu yang membuat tertarik wisman untuk datang adalah kenyamanan di bandara! Karena Bandara adalah first impression, kesan pertama, yang dirasakan wisman. Kalau kesan pertama begitu menggoda, selanjutnya pasti menang,” imbuh dia.

Kedua, Bandara Soetta juga telah dicanangkan sebagai bandara pariwisata, bandara destinasi wisata, yang menghibur, menyenangkan, dan dibangun world class. Bandara dengan art gallery yang menampilkan interior bernuansa Wonderful Indonesia, dan hanya ada di Indonesia.

Ketiga, Terminal III juga dibangun megah, dengan fasilitas yang semakin lengkap dan standar internasional. Pelayanan dan inovasinya terus di-upgrade. Customer Service Center, Customer Service Mobile, Airport Helper, Non-smoking Area Officer, dan Service Marshall, terus disiagakan untuk membantu pengguna jasa selama berada di dalam terminal.

“Digital Tools dan Application, juga sudah tak lagi ketinggalan zaman. Sentuhan teknologi informasi sudah terlihat di sejumlah fasilitas pelayanan. Tengok saja Smart Taxi Queuing System, Smart Parking System, 278 Access Point Free Wifi 50Mbps, 33 Access Point, Wifi Corner, Smart Toilet Feedback, hingga Indonesia Airports Apps, semua siap memanjakan pengguna jasa saat berada di bandara. Sampai-sampai jumlah trolley pun ikut ditambah,” bebernya.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin menambahkan, Bandara Internasional Soekarno-Hatta juga sudah menambah 1000 trolley baru di area transit serta penambahan 976 kursi tunggu yang lebih nyaman di Terminal 3.

“Kami ingin di 2017 Bandara Internasional Soekarno-Hatta bisa bergabung dalam jajaran 50 besar bandara terbaik di dunia. Partisipasi voting bisa dilakukan dengan mencantumkan nama bandara pada link http://bit.ly/voteCGK. Pilih kanal The Best Airport, kemudian ketik Jakarta International Airport di kolom Airport Terbaik beserta alasannya,” pungkas Awaluddin