Beirkut 4 Sambal Khas beberapa Kota dijadikan oleh-oleh

9

MARWAHKEPRI.COM, Makassar – Sambal rasanya jadi hal penting bagi orang Indonesia. Tak heran di beberapa kota, sambal malah jadi oleh-oleh khas. Seperti 4 sambal berikut ini!

Beli oleh-oleh sambal, mengapa tidak. Walau mungkin rasanya tidak masuk dalam daftar oleh-oleh yang wajib dibeli, sambal bisa jadi oleh-oleh yang unik. Malah tak mungkin, awalnya melihat sebelah mata ternyata jadi suka.

Disusun detikTravel, Kamis (2/2/2017) berikut 4 sambal pedas yang khas dari beberapa kota di Indonesia:

1. Sambal Merpati dari Makassar

Bagi yang traveling ke Makassar, Sulawesi Selatan ada sambal khas sana yang namanya Sambal Merpati atau disebut juga dengan nama Lombok Kuning. Sambal ini sungguh, rasanya benar-benar pedas!

Cukup mudah mendapatkan Sambal Merpati, hampir di semua toko-toko tersedia. Ukurannya pun beragam, dari botol kecil, sedang hingga yang besar (625 ml). harganya dari kisaran Rp 10 ribu hingga yang paling besar bisa mencapai Rp 40 ribuan. Warna sambalnya, sudah bikin kamu penasaran.

2. Sambal Roa dari Manado

Masih di Pulau Sulawesi, kali ini di bagian utaranya. Di Kota Manado, sambal yang paling terkenal di sana adalah Sambal Roa. Sambal ini unik, karena dipadukan dengan suwiran daging ikan roa panggan yang dihaluskan kemduian ditambahkan cabai merah, bawang merah, bawang putih dan cabai rawit. Rasa sambalnya pedas dan gurih, dijamin bikin nagih.

Sambal Roa biasanya disantap bareng dengan bubur Manado atau dengan pisang goreng. Semua toko oleh-oleh di Manado akan menawarkan Sambal Roa, yang pasti sayang kalau cuma beli satu.

3. Sambal Bu Rudy dari Surabaya

Nama Sambal Bu Rudy naik daun. Sambal dari Surabaya ini terkenal dengan rasa yang pedas. Pedasnya tak hanya membuat lidah melet-melet, tapi pedasnya akan membuat kamu serasa ditempeleng. Aneka Sambal Bu Rudy adalah sambal bawang, sambal peda, dan sambal terasi.

Bagi traveler yang suka pedas, wajib coba Sambal Bu Rudy. Bagi yang tak suka pedas, cobalah sedikit-sedikit karena pedasnya bukan main. Namun sungguh, pedasnya bikin nagih dan segar. Jika ke Surabaya, main saja ke Jl Dharmahusada 140, Jl Anjasmoro 45 dan Jl Kupang Indah 31 untuk langsung memborong Sambal Bu Rudy dan mencobanya langsung di sana.

4. Sambal Pecel dari beberapa kota di Jawa

Liburan ke Jawa (Jawa Tengah, Jawa Timur dan Yogyakarta) akan sangat mudah menemukan Sambal Pecel. Bumbu utamanya adalah kacang, yang dipadu dengan gula merah, cabai, kencur, garam, bawang putih dan lain-lain. Bagi orang Jawa sendiri, rasanya ada yang kurang kalau makan tanpa Sambal Pecel.

Baik di toko oleh-oleh hingga di pasar tradisional, sangat mudah menemukan Sambal Pecel. Mau wisata kuliner di Jawa, juga bakal tersedia Sambal Pecel di restuarant hingga di warung kaki lima. Bawa buat oleh-oleh ya!

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.