Nama Kepiting ini Terinspirasi dari film Harry Potter

20170201031444-kepiting

MARWAHKEPRI.COM, Jakarta – Tim ilmuwan menamai spesies kepiting baru dari salah satu karakter dalam serial Harry Potter. Kepiting yang ditemukan 20 tahun lalu di Guam, sebuah pulau di bagian barat Samudera Pasifik itu diberina nama “Harryplax Severus”.

Penggemar Harry Poter tentu tahu nama itu terinspirasi dari tokoh Severus Snape, salah satu profesor di Sekolah Sihir Hogwarts. Namun, bagian Harry pada nama kepiting bukanlah sang tokoh utama, melainkan nama pertama penemu kepiting yaitu kolektor Harry Conley yang tak sadar mengungkap temuan spesies baru dua dekade silam.

Ilmuwan Jose Mendoza dan Peter Ng menjelaskan, nama Harry dipilih untuk menghormati mendiang Harry Conley yang tewas pada 2002 atas kontribusinya di dunia fauna. Sementara, nama severus diberikan karena kepiting itu luput dari identifikasi sains selama 20 tahun, sama halnya seperti tokoh Severus Snape yang menyembunyikan identitas aslinya hingga ajal menjelang, dilansir dari the guradian, Rabu (1/2).

“Harryplax severus” menjadi tambahan spesies yang dinamai berdasarkan karakter dalam cerita ciptaan JK Rowling. Tahun lalu, ilmuwan berbeda menamai spesies laba-laba baru berwarna coklat dari tokoh penyihir legendaris Godric Gryffindor, yakni “Eriovixia gryffindori”.

Rowling pun pernah diminta menamai fauna tertua dari keluarga “pachycephalosaur” yang dipamerkan di Museum Anak Indianapolis. Pada 2006, fosil dinosaurus berusia 66 juta tahun itu ia beri nama “Dracorex hogwartsia”, nama yang menurut Rowling terlintas begitu saja dalam pikirannya.

Sejumlah penamaan tersebut hanya sebagian kasus di mana cerita fantasi dan fiksi ilmiah (atau para pengarangnya) bisa memengaruhi taksonomi. Contoh lain, paus langka “Livyatan melvillei” diambil dari nama pengarang novel “Moby-Dick” Herman Melville.

Sementara nama Bram Stoker, pengarang novel “Dracula”, diadaptasi menjadi spesies laba-laba “Draculoides Bramstokeri”. Nama pengarang komik Douglas Adams juga diambil menjadi nama asteroid, selain deretan penulis lain seperti Carl Sagan, Iain Banks, dan Isaac Asimov.

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.