Miss Universe 2016 Silau dengan Masjid Sheikh Zayed di Abu Dhabi

20170130094022-MESJID

MARWAHKEPRI.COM, Abu Dhabi – Masjid Sheikh Zayed di Abu Dhabi merupakan salah satu masjid terindah di dunia. Miss Universe 2016, Iris Mittenaere pun pernah dibuat silau dan terpukau.

Iris Mittenaere berhasil meraih gelar Miss Universe mengalahkan dua kandidat lainnya di tiga besar, Miss Haiti Raquel Pelissier sebagai runner-up pertama dan Miss Colombia Andrea Tovar. Wanita 23 tahun ini menjadi kontestan asal Prancis kedua yang berhasil membawa pulang mahkota dan selempang Miss Universe, yang diselenggarakan di Mall of Asia Arena, Manila, Filipina.

Bicara soal traveling, dara cantik berusia 23 tahun ini pun suka memposting foto liburannya di Instagram. Dalam akun Instagram pribadinya @irismittenaeremf seperti dilihat detikTravel, Selasa (31/1/2017) ada satu foto yang menarik. Foto Iris saat datang ke Masjid Sheikh Zayed di Abu Dhabi.

“Eblouie par cet endroit,” begitu tulis Iris di caption fotonya yang bergaya dengan cadar dengan latar Masjid Sheikh Zayed, yang kira-kira artinya silau oleh tempat ini.Iris memposting dua foto. Foto satunya memperlihatkan arsitketur Masjid Sheikh Zayed. Terlihat, warna putih menjadi warna utama masjidnya. Warna putih yang melambangkan kesucian, memang seolah terlihat menyilaukan karena bangunan masjidnya sangatlah besar!

Dalam catatan detikTravel, Masjid Sheikh Zayed punya luas 22.412 meter persegi atau setara dengan 5 lapangan sepakbola. Gaya bangunan masjidnya adalah campuran arsitektural Mughal (India, Pakistan, Bangladesh) dan Moor (Maroko).

Masuk ke bagian dalam Masjid Sheikh Zayed, rasa takjub para pengunjung tidak akan terhenti. Karpet di dalamnya berasal dari Iran yang bahannya terbuat dari wol asli Selandia Baru. Menara-menara masjidnya ala menara-menara ala Mesir dan Turki. Lampu gantung di ruangan salatnya yang seberat dua ton dan disebut sebagai lampu gantung terbesar di dunia adalah buatan Jerman. Lampu gantungnya pun dihiasi oleh 40 juta kristal swarovski.

Maka, masjid yang selesai dibangun tahun 2007 ini merefleksikan budaya dari tiap-tiap negara di dunia. Inilah yang juga jadi daya tariknya, yang seolah memberi gambaran, Islam tidak hanya bergaya Timur Tengah saja.

Bahkan, Masjid Sheikh Zayed punya perpustakaan di bagian utara dengan koleksi buku tentang pengetahuan Islam, sejarah Islam, kebudayaan-kebudayaan Islam dan kaligrafi. Yang unik, terbitan buku-buku di sana ada dalam bahasa Inggris, Prancis, Jerman, Italia dan Korea. Tak sampai di situ, masjid yang mampu menampung 40 ribu jamaah ini dikelilingi kolam-kolam yang cantik.

Masjid Sheikh Zayed pun dibuka untuk umum, yang juga menjadikannya tempat paling wajib dikunjungi turis saat melancong ke Dubai. Jam buka masjidnya untuk umum yakni di pukul 09.00-22.00. Pada hari Jumat, karena ada ibadah salat Jumat, waktu berkunjung untuk turis lebih pendek yaitu pukul 16.30-22.00 waktu setempat.

Baik pria dan wanita diizinkan masuk ke masjid, dengan syarat memakai pakaian yang sopan dan tidak menganggu orang yang sedang beribadah. Setiap tahun, rata-rata turis yang datang ke sana sebanyak 1 juta orang!

Tak heran, Miss Universe 2016 Iris Mittenaere dibuat silau dan terpukau saat datang ke sana. Mendatangi salah satu masjid terindah di Bumi ini.(mk/r/matakepri.com)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.