Tujuh Kecamatan di Landa Puting Beliung

1

MARWAHKEPRI.COM, Wonogiri – Bencana alam puting beliung, Minggu sore (29/1), melanda tujuh wilayah kecamatan di Kabupaten Wonogiri. Menyebabkan puluhan pohon tumbang, setidak-tidaknya empat tiang listrik patah, seorang luka ringan tertimpa pohon, dan empat rumah warga rusak.

Tujuh wilayah kecamatan yang dilanda puting beliung tersebut, terdiri atas Kecamatan Selogiri, Wonogiri Kota, Sidoharjo, Pracimantoro, Wuryantoro, Giriwoyo dan Purwantoro.

”Tidak ada korban jiwa. Tapi ada satu keluarga terdiri atas lima jiwa yang mengungsi,” jelas Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonogiri, Bambang Haryanto.

Di Kecamatan Selogiri, puting beliung yang datang disertai hujan tersebut, menyebabkan empat pohon tumbang melintang jalan dan empat tiang listrik patah. Lokasinya berada di Dusun Josari, Sumber dan Serut di Desa Pare, serta di Dusun Kepatihan Desa Jendi. Di Kecamatan Wonogiri Kota, pohon tumbang terjadi di Lingkungan Donoharjo dan Lingkungan Keron di Kalurahan Wuryorejo. Menimpa gudang kayu, memutuskan jaringan listrik dan melintang jalan.

Kejadian pohon tumbang memutuskan jaringan listrik, juga terjadi di Dusun Kerawat RT 1/RW 2 Desa Tempursari, Kecamatan Sidoharjo, Wonogiri. Dari Kecamatan Pracimantoro, pohon tumbang merusak rumah milik Giyar (45) di Dusun Mlangse, dan rumah milik Sutiman (55) di Dusun Bendungan, semuanya dalam wilayah Desa Tubakarto.

Tiga rumah rusak karena tertimpa pohon tumbang, terjadi di Kecamatan Wuryantoro, Kabupaten Wonogiri. Terdiri atas rumah milik Slamet (56) dan Katimin (55) di Desa Gumiwanglor, dan rumah Sutini (50) di Desa Genukharjo. Di Kecamatan Giriwoyo, merusak rumah milik Sumin (55) di Dusun Ketro, Desa Guwotirto.

Dari Kecamatan Purwantoro, bencana puting beliung melanda di dua dusun di Desa Gondang. Pohon tumbang di Dusun Pagersari, telah menyebabkan pengendara sepeda motor Parjo (35) mengalami luka-luka. Korban segera diobatkan ke rumah sakit Purwantoro.

Kepada petugas, Parjo, menuturkan, saat itu tengah mengendarai sepeda motor di jalan. ”Mendadak ada angin kencang berpusar, menyebabkan pohon roboh melintang jalan, dan rantingnya mengenai saya,” tutur Parjo.

Untuk memberikan tindakan darurat, telah diturunkan tim siaga bencana di wilayah kecamatan masing-masing. Mereka bersama tim SAR, para relawan dari Forum Pengurangan Bencana (FRB) dan dari BPBD Kabupaten Wonogiri, segera bertindak membantu korban, termasuk menyingkirkan pohon tumbang yang melintang jalan, untuk tujuan segera memuka kembali hubungan darat yang macet.

Penanganan darurat di lokasi bencana ini dikoordinasikan dengan pamong desa bersama masyarakat, dibantu personel dari Koramil dan Polsek.”Kami juga memberikan bantuan logistik untuk korban,” jelas Kepala BPBD Kabupaten Wonogiri, Bambang Haryanto. Untuk kerusakan jaringan listrik, tambah Bambang, telah dikoordinasikan dengan pihak PLN

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.