Tiang Eksekusi Bajak laut, Destinasi Wisata Bersejarah


11

MARWAHKEPRI.COM, London – Ini cerita dari London, Inggris. Cerita tentang tempat eksekusi hukuman mati bajak laut, yang digantung lalu dikurung dalam besi dan jadi bahan tontonan.

Di balik kehidupan metropolitan dan kesibukan Kota London, ibukota Inggris ini punya banyak destinasi bersejarah. Bukan cuma museum, tapi juga tempat-tempat yang dinilai punya sejarah penting yang umurnya ratusan tahun. Seperti yang satu ini, Execution Dock alias Dermaga Eksekusi.

Dilihat detikTravel dalam informasi BBC dan situs Historic UK, Jumat (27/1/2017) Execution Dock berada di pinggiran Sungai Thames. Ada dua versi soal lokasi tepatnya, yang pertama di kawasan Wapping High Street dan satu lagi di Narrow St. Yang pasti, keduanya sama-sama berada di tepian Sungai Thames dan hanya terpisah sejauh 3 km.

400 Tahun lalu, Sungai Thames merupakan salah satu tempat terpenting di Inggris. Dari lautan, kapal akan masuk ke Kota London melalui sungai tersebut. Kapal-kapal yang mengangkut banyak barang dan kebutuhan sehari-hari dari berbagai belahan dunia.

Di lain sisi, Sungai Thames menjadi ‘ladang’ bagi para bajak laut. Mereka merompak kapal-kapal yang lewat tanpa pandang bulu. Menjarah apapun, kemudian pergi tanpa jejak. Karena itu, pemerintah Kerajaan Inggris dibuat geram.

Selain memperkuat keamanan dengan patroli kapal, Kerajaan Inggris mempunyai ide lain. Ide berupa membuat tiang eksekusi hukuman mati yang kemudian diberi nama Execution Dock. Tiangnya berada persis di pinggir sungai.

Jadi, para bajak laut yang tertangkap akan dikurung terlebih dulu di Penjara Newgate. Setelah diadili dan diputuskan bersalah, lantas diarak keliling kota hingga sampai di Execution Dock. Semua masyarakat setempat akan keluar dan menyaksikan: hukman mati bajak laut.

Para bajak laut akan digantung di tiangnya, kemudian badannya seolah dibungkus oleh kurungan besi. Mereka akan mati pelan-pelan kehabisan nafas, kemudian jenazahnya tetap digantung. Digantung sampai berhari-hari agar menjadi tontonan para warga dan bajak laut lainnya.

Sudah ratusan bajak laut yang hidupnya berakhir di Execution Dock. Bahkan beberapa bajak laut yang terkenal, seperti Kapten George Cusack dan Kapten Kidd juga dieksekusi di sana. Beberapa sumber sejarah menulis, kalau jenazah yang digantung akan dibiarkan sampai membusuk dan menjadi tulang. Terbukti, Execution Dock mampu menekan para bajak laut. Mereka tak mau mengambil risiko dengan mengakhiri hidupnya di tiang gantung.

Hingga kini baik di kawasan Wapping High Street dan di Narrow St terdapat tiang gantung yang lengkap dengan tali. Tentu saja, itu merupakan replika bukan yang asli tapi dibikin persis seperti aslinya. Inilah tempat sejarah yang sering terlupakan wisatawan saat melancong ke Inggris.

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.