Geliat Kampung Buah di Perumahan Marcelia

kampung buah

BATAM (MK) – Perumahan  Taman Marcelia yang terletak di Kelurahan Taman Baloi kini disulap menjadi kampung buah.

Seperti namanya, di kampung buah ini kita akan menjumpai berbagai jenis pohon yang sudah berbuah maupun yang baru ditanam. Selain itu mereka juga mempunyai tempat pembibitan sendiri.

kampung buah2

Muhammad Ibrahim warga Perum Marcelia dipercaya masyarakat untuk mengkoordinir program kampung buah ini sekaligus pencetus adanya Kampung Buah.

“Awalnya Taman Marcelia ini dijuluki Kampung Teduh, karena emang  banyak pepohonannya disini, Pak Rahimlah yang mempunyai ide untuk membuat Marcelia jadi Kampung Buah,” ujar Dasril Saad selaku Ketua RT 1.

Hal senada pun diucapkan oleh Gustian Hariyanto Sekretaris RW 9, katanya sebanyak 4 RT di Taman Marcelia sudah mulai dipenuhi oleh tanaman buah – buahan, pohon – pohon besarnya  pun sudah ditebang dan diganti dengan bibit buah.

Menurut Pak Rahim, program Kampung Buah ini adalah wadah untuk edukasi bagi anak – anak setempat.

“Jadi nanti anak – anak tidak akan heran lagi dengan pohon buah yang mereka makan, kalau buah ini yang mereka makan, ini pohonnya,”terang pak Rahim.

Untuk Motto Kampung Buah itu sendiri, pak Rahim menjelaskan bahwa Motto mereka adalah 5M ( Menanam, Menyiram, Merawat, Memupuk dan Memetik ).

kampung buah1

Sebelumnya pak Rahim juga mengatakan sudah sering melakukan penanaman buah bersama masyarakat, dan itu memang jelas karena pada saat Marwahkepri.com menemui pak Rahim (28/1), mereka tengah melakukan penanaman pohon Mangga, Matoa dan lain – lain.

Saat ditanya sudah berapa tanaman buah yang sudah ditanam, pak Rahim tidak bisa lagi
menghitung saking sudah banyaknya.

“Sudah Ratusan yang sudah ditanam,” ucapnya.

Begitu juga dengan jenis buah yang sudah ditanam, sudah mencapai ratusan jenis, namun pak Rahim masih terus mencari pohon langka agar ditanam di Kampung Buah.

Menurutnya, semakin banyak jenis buah yang ditanam, edukasi yang didapat pun semakin banyak.

Berawal dari Hobby, kini Perum Marcelia sudah dipenuhi dengan tanaman buah – buahan.

Kedepannya mereka juga sudah menyiapkan Rumah Apotik untuk bahan obat – obatan.

“Nanti ibu – ibu akan kita buat Rumah Apotiknya,” tandasnya.

Pak Rahim berharap suatu saat Kampung Buah bisa jadi panutan bagi perumahan – perumahan lainnya di Batam dan sekaligus wisata edukasi bagi Masyarakat. (mk/mun)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.