Cuaca Ekstrim, Sembako Warga Anambas Terancam

8

MARWAHKEPRI.COM, Anambas – Cuaca ekstrim yang terjadi di Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA). Hal ini menyebabkan akan mengganggu pemasokan sembilan bahan pokok (sembako).

Transportasi laut khususnya ferry saat ini sudah mulai tidak rutin lantaran kesulitan mengarungi laut Anambas yang merupakan laut cina selatan.

Transportasi yang tidak menentu ini membuat aktivitas pedagang anambas tidak menentu juga, pasalnya pergerakan mereka mayoritas menggunakan transportasi laut jika akan belanja dari luar daerah.

Apalagi  Tol Laut yang biasanya singgah di Anambas, mulai tahun ini sudah tidak lagi singgah di Anambas. Tapi rute barunya yakni langsung dari Tanjung Priok-Natuna.

“Ya, Tol Laut sudah tidak ke Anambas lagi karena rute barunya langsung dari Tanjung Priok-Natuna PP,” demikian disampaikan  Usman, Plt Kepala Dinas Perndustrian Perdagangan UKM dan Koperasi Kabupaten Kepulauan Anambas,  Kamis (26/1/2017).

Usman mengaku pihaknya sudah berupaya mengantisipasi persoalan tersebut sejak awal, salah satu langkah yang dilakukan  mengirimkan surat kepada pihak kementerian yang isinya menanyakan alasan kenapa tol laut tidak lagi masuk Anambas. Dalam surat itu juga disampaikan jika masyarakat Anambas sangat membutuhkan tol laut itu.

Kendati demikian Usman juga mengakui  ketika  tol laut masuk Anambas tidak ada penurunan harga bahan makanan pokok di Anambas, namun dampak positifnya yakni untuk persediaan barang di Anambas terjamin. “Memang belum menurunkan harga tapi dengan adanya tol laut, persediaan barang di Anambas sangat terjamin,” pungkasnya.

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.