Warga Tionghoa Ranai Rayakan Imlek di Kampung Tua Penagi

Suasana-Perayaan-Imlek-di-Penagi
Atraksi Barongsai dalam perayaan Imlek

Natuna (Marwahkepri.com) – Perayaan tahun baru Imlek yang jatuh pada 28 Januari 2017, ratusan warga Tionghoa Ranai beramai-ramai menyambangi Vihara Pu Tek Chi, di Penagi, Kecamatan Bunguran Timur.

Pada perayaan itu juga dimeriahkan oleh atraksi Barongsai. Ratusan Warga  Natuna hadir menyaksikan acara ceremonial menyambut Tahun Baru Imlek .

Disela-sela antraksi permainan baronsai salah seorang warga Tiongha, Tong Seng mengatakan, tahun Baru Tiongkok yang ke-2568 menurut penanggalan Tionghoa dan shio adalah tahun ayam api.

Warga Tionghoa biasanya sehari sebelum merayakan Hari Raya Imlek akan melakukan beberapa tradisi. Tradisi yang biasanya selalu dilakukan adalah sembahyang.

Sebelum menyambut Hari Raya Imlek, biasanya masyarakat Tionghoa melakukan sembahyang, di mana sembahyang tersebut merupakan pengantaran Dewa Dapur. Biasanya sembahyang ini dilakukan masyarakat Tionghoa dalam sembahyang kepada para dewa akan mempersembahkan beberapa makanan berupa makananan daging, buah-buahan, kue, dan bila ada bisa juga dengan arak.

Selain adanya tradisi sembahyang, selanjutnya ada tradisi membersihkan rumah dan mempercantik isi rumah. Tidak hanya rumah, tempat ibadah orang Tionghoa pun akan dibersihkan pada seisi klenteng dari patung-patung para dewa, bangunan, dan lainnya.

Pembersihan seperti itu dilakukan untuk menghormati para dewa. Harapan dibersihkannya seluruh isi rumah dan klenteng agar ketidakberuntungan dapat tersapu bersih, dan tahun-tahun berikutnya akan lebih baik dari tahun-tahun sebelumya.

Adanya tradisi sembahyang, lalu pembersihan debu di rumah dan klenteng, ada pun tradisi seluruh keluarga besar berkumpul pada satu rumah sebelum merayakan Imlek. Hal ini kepada lebih terjalin kedekatan baik antar satu dengan yang lain. Sesudah mereka berkumpul, biasanya melakukan makan malam. Baru pada hari perayaan, mereka merayakan secara bersama dan melakukan perayaan yang lain.(mk/np)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.