Mengintip Minimnya Teknologi di Korea Utara Lewat Foto Ini

017914200_1474449846-kim_jong_un

MARWAHKEPRI.COM, Jakarta – Kehidupan di Korea Utara benar-benar tak terbayangkan. Jika di berbagai belahan dunia internet tak lagi jadi barang mewah, lain halnya dengan di Korea Utara.

Meski begitu, sedikit demi sedikit masyarakat di Korea Utara mulai menggunakan internet walaupun penuh keterbatasan. Seperti terlihat dalam foto-foto yang Tekno Liputan6.com kutip dari Business Insider, Kamis (26/1/2017) di bawah ini.

1. Hampir Tak Ada Orang yang Mengakses Internet

Korea Utara dikabarkan hanya memberikan akses internet pada penguasa dan sejumlah warga negara asing. Sementara, kebanyakan orang mengakses internet internal Korea Utara bernama Kwangmyong yang benar-benar tertutup dari dunia luar.

Selain itu, kebanyakan situsnya adalah laman milik lembaga pemerintah. Meski begitu, Korea Utara juga memiliki laman online shop bernama Okryu yang dibuka 2015.

2. Memblokir Facebook Namun Menciptakan Tiruannya

Korea Utara diketahui sebagai salah satu negara yang memblokir Facebook. Meski begitu, di sana ada sebuah laman jejaring sosial kloning Facebook yang diciptakan oleh peneliti Doug Madory tahun lalu.

Sama seperti Facebook, laman ini memungkinkan pengguna berinteraksi satu sama lain melalui wall. Sayangnya, jejaring sosial ini sempat jadi korban peretasan dan tak diketahui apakah hal tersebut berdampak untuk penggunanya.

3. Satu dari 10 Orang Korea Utara Punya Smartphone

Layaknya negara berkembang lain, di Korea Utara juga terdapat PC dan akses internet yang akhirnya mendukung munculnya berbagai smartphone. Menurut data operator Koryolink, di Korea Utara terdapat 3 juta pelanggan data. Sementara, kepemilikan PC mencapai ratusan ribu unit.

4. Tak Bisa Menelepon ke Luar Negeri

Operator utama Korea Utara Koryolink tak mengizinkan adanya panggilan internasional walau banyak penduduk yang tinggal di dekat perbatasan mendapatkan kartu SIM dari keluarga mereka yang melarikan diri menyeberangi perbatasan.

Meski begitu, pemerintah menerapkan peraturan yang sangat ketat terkait hal ini. Siapapun yang kedapatan menggunakan kartu SIM dari luar, bakal ditangkap.(mk/r/liputan6.com)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.