Ibu Menyusui Juga Bisa Liburan dengan Nyaman

8

MARWAHKEPRI.COM, Jakarta  – Liburan seakan menjadi suatu kebutuhan. Namun, bagi ibu menyusui, menjalankan liburan bukanlah hal mudah. Pasalnya, mereka harus membawa banyak perlengkapan.

Selain pakaian, memberi air susu ibu (ASI) atau air susu ibu perahan (ASIP) merupakan hal yang wajib diperhatikan. Akibatnya ibu menyusui kerap kerepotan, meski dalam keadaan liburan.

Namun, seperti dilansir Fox News, ibu menyusui tetap bisa menjalani liburan. Hanya saja ada beberap hal yang harus diperhatikan.

1. Siapkan Perlengkapan
Anda bisa membawa pompa ASIP ke dalam pesawat dan memasukkannya ke dalam tas popok. ASIP bisa bertahan di suhu ruang selama 8 jam. Jangan lupa bawa ice pack dalam perjalanan agar tetap terjaga kebersihan dan nyaman saat menyusui di pesawat.
Siapkan pembersih tangan dan tisu disinfektan. Hal ini berguna untuk membersihkan sandaran tangan dan meja di pesawat, penutup payudara dan gendongan bayi.

2. Beritahu pihak keamanan tentang ASIP Anda
Informasikan pada keamanan jika Anda membawa ASIP lebih dari 89 ml. Pasalnya, Badan Keamanan Transportasi Amerika (TSA) membolehkan para ibu menyusui membawa lebih dari 89 ml ASIP. Sebaiknya ASIP dikemas per porsi untuk satu kali menyusui. Beberapa maskapai menawarkan TSA Pre-Check, program pemeriksaan cepat yang dapat membuat proses berjalan lancar.

3. Waktu memberi ASI
Untuk membantu meringankan tekanan di telinga bayi, Anda bisa menyusui saat pesawat lepas landas dan mendarat.

4. Pastikan bawa perlengkap menyusui
Beberepa perlengkapan menyusui yang wajib dibawa seperti, bra menyusui yang dibawa lebih banyak, breast pads, bantal menyusui, sikat botol, kantung penyimpanan ASIP dan krim puting payudara. Jika menginap di hotel, mintalah kamar dengan lemari pendingin mini untuk menyimpan ASIP.

5. Menyusui di tempat tertutup
Tak sedikit ibu menyusui merasa malu menyusui di tempat umum. Untuk kenyamanan, Anda bisa menyusui atau memompa di tempat tertutup. Beberapa bandara menyediakan ruang laktasi dilengkapi stopkontak, tempat duduk, peralatan pembersihan, dan tempat menyimpan tas

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.