Ratusan Narapidana Melarikan Diri

20170125011630-20160605penjara1
MARWAHKEPRI.COM, Rio De Janeiro – Tak kurang dari 150 narapidana pada Selasa (24/1) melarikan diri dari satu penjara di Kota Bauru di Negara Bagian Sao Paulo di Brasil Selatan, setelah kerusuhan yang memicu kebakaran pada sebagian penjara tersebut.
 
Menurut keterangan pengelola penjara di negara bagian itu, sebagaimana diberitakan Xinhua, Rabu pagi, polisi belakangan menangkap kembali sebanyak 100 tahanan yang melarikan diri.
 
Kerusuhan tersebut sama sekali tidak berkaitan dengan rangkaian kerusuhan baru-baru ini di beberapa penjara di berbagai bagian lain di negeri itu, kata Kol. Polisi Militer Flavio Kitazume dalam satu taklimat.
 
Sejak awal 2017, lebih dari 130 narapidana telah tewas dalam bentrokan di penjara, dan pihak berwenang menuding gerombolan penjahat yang terorganisir berada di belakang peristiwa tersebut. Tapi banyak pengamat telah menuduh, setidaknya sebagian, kelebihan penghuni di semua penjara itu sebagai pangkal kerusuhan.
 
Penjara di Bauru tidak terlalu kelebihan penghuni seperti beberapa penjara lain, kata kantor berita Agencia Brasil. Penjara tersebut menampung 1.427 narapidana di instalasi yang dirancang untuk menampung 1.124 orang.
 
Para pejabat penjara itu mengatakan narapidana memberontak terhadap “disiplin ketat” di instalasi tersebut.
Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.